13 Buku WAJIB Bagi Kamu Mahasiswa Kedokteran Gigi

Penulis : Ryan Martin

Hai, perkenalkan saya Ryan.

Saya adalah seorang mahasiswa tahun ketiga dalam prodi Kedokteran Gigi di Universitas Padjadjaran.

Banyak lika-liku serta gejolak pembelajaran yang telah saya alami sebagai seorang mahasiswa kedokteran gigi.

Terkadang, saya merasa kesulitan ketika harus mencari informasi mengenai suatu topik, dikarenakan kurangnya referensi yang saya ketahui. Terutama, disaat saya masih menjadi seorang mahasiswa baru.

Saya termasuk mahasiswa yang niat dalam mencari ilmu (doakan saja agar hal ini menjadi suatu kenyataan). Namun, karena tidak ada referensi, niat ini pun menjadi kesia-siaan.

Bagaikan ingin berperang, namun tidak mempersiapkan bambu runcing. Berangkat dari keresahan di masa kelam itu, saya ingin membantu rekan sejawat saya, sesama mahasiswa kedokteran gigi.

Melalui artikel ini, saya ingin membagikan 13 referensi buku ajar yang akan bermanfaat bagi kalian, para mahasiswa kedokteran gigi, khususnya mahasiswa baru atau mungkin siswa-siswa SMA yang berniat untuk menggeluti perkuliahan di kedokteran gigi.

Jika diantara kalian ada yang bertanya-tanya, mengapa saya mereferensikan buku ajar begitu banyak? Hal ini dikarenakan setiap mata kuliah memiliki buku ajar masing-masing. Baiklah, mari kita mulai.

Pertama, buku ajar anatomi berjudul “Netter’s Head and Neck Anatomy for Dentistry”

Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai struktur dan organisasi bagian tubuh makluk hidup.

Saat semester pertama, buku ini sangatlah membantu saya dalam memahami anatomi kepala dan leher dari manusia.

Buku ini menyediakan informasi yang begitu detail dan dilengkapi dengan gambar yang mudah dipahami. Subbab buku ini secara umum terdiri atas anatomi tengkorak manusia, sistem otot, persendian, vaskularisasi dan inervasi dari kepala dan leher. Bisa dikatakan, buku ini adalah buku wajib yang dimiliki oleh mahasiswa kedokteran gigi.

Kedua, buku ajar histologi berjudul “diFiore’s Atlas of Histology with Functional Correlations

Histologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai struktur jaringan secara detail, umumnya menggunakan mikroskop.

Buku yang menurut saya pribadi, sangat bermanfaat dalam memperlajari ilmu histologi. Gambar yang diberikan sangatlah jelas, begitu pula penjelasan mengenai gambar tersebut.

Saya yakin, kalian akan mudah memahaminya, karena bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Subbab yang dijelaskan dalam buku ini, tidak hanya terbatas pada kepala dan leher saja, melainkan histologi dari seluruh tubuh, sehingga untuk mahasiswa kedokteran umum, buku ini akan sangat bermanfaat pula.

Ketiga, buku ajar operative dentistry berjudul “Sturdevant’s Art and Science of Operative Dentistry”

Operative dentistry merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai segala hal berkaitan dengan pencegahan dan perawatan dari gigi.

Buku ini merupakan buku pegangan dalam pemberian ilmu berkaitan dengan operative dentistry di universitas saya, sehingga seluruh mahasiswa di kampus saya, tentunya akan memiliki buku ini.

Setiap langkah yang dijelaskan didalam buku ini, baik berkaitan dengan alat dan bahan, prosedur preparasi, maupun prosedur perawatan, dapat dijelaskan dengan lengkap dan jelas.

Keempat, buku ajar orthodontia berjudul “Jaypee’s Textbook of Orthodontics”

Orthodontia merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai teknik merapikan gigi, dengan bantuan beberapa peralatan, seperti kawat.

Buku Jaypee ini sebenarnya bukanlah buku pegangan terhadap ilmu orthodontia. Namun, berdasarkan pengalaman saya, melalui buku ini, saya dapat lebih mudah memahami dasar dari ilmu orthodontia.

Jika dari kawan-kawan ada yang memiliki referensi lain, mungkin bisa dituliskan di kolom komentar. Tapi, sejauh ini, saya akan merekomendasikan buku ini untuk menjadi awal pembelajaran dari teman-teman mengenai ilmu orthodontia.

Kelima, buku ajar prosthodontia berjudul “Shillingburg’s Fundamental of Fixed Prosthodontics”

Prosthodontia merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai teknik pembuatan gigi tiruan. Berbeda dengan buku ajar yang lain, buku ini dibuat dalam satu kolom memanjang.

Hal ini membuat saya pribadi lebih mudah dalam membacanya. Gambar ilustrasi yang diberikan pun sangat mudah dipahami dan menunjang penjelasan kalimat. Buku ini merupakan rekomendasi dari dosen saya, sehingga sudah pasti sangat bermanfaat. Buku ini menjelaskan mengenai tahapan dalam pembuatan gigi tiruan, dengan berbagai indikasi yang disesuaikan dengan kasus.

Keenam, buku ajar pedodontia berjudul “Jaypee’s Essentials of Pediatric Dentistry”

Pedodontia yang saya maksud adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai penanganan perawatan gigi untuk anak-anak. Serupa dengan buku Jaypee pada bidang ajar orthodontia, buku Jaypee pada bidang pedodontia juga bukanlah buku ajar pegangan. Namun, entah mengapa, Jaypee dapat merangkum kalimat yang mudah dimengerti oleh para pembelajar pemula seperti saya, dan mungkin anda. Buku ini menjelaskan mengenai berbagai hal mengenai kedokteran gigi anak, dimulai dari cara menangani anak-anak hingga proses perawatannya.

Ketujuh, buku ajar periodontia berjudul “Carranza’s Clinical Periodontology”

Periodontia merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai kesehatan jaringan pendukung gigi, seperti gusi dan tulang rahang. Buku Carranza sudah cukup terkenal dibidang periodontia sebagai bahan ajar yang baik, oleh sebab itu, saya tidak ragu dalam merekomendasikannya. Buku ini membahas berbagai hal seputar struktur dan bagian jaringan pendukung gigi, beserta perawatan klinis yang umum digunakan.

Kedelapan, buku ajar pharmacology berjudul “Burket’s Oral Medicine”

Pharmacology merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara organisme hidup dengan zat kimia, yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Buku Burket menyediakan informasi berkaitan dengan penyakit rongga mulut yang umum terjadi beserta obat yang dapat digunakan secara klinis. Buku ini sudah menjadi buku pegangan untuk memperdalam ilmu pharmacology di universitas saya. Menurut saya pribadi, ilmu pharmacology cukup rumit, dikarenakan banyaknya zat asing yang bahkan sulit untuk diucapkan. Melalui buku, setidaknya terdapat penjelasan yang dapat dipahami seputar mekanisme kerja obat.

Kesembilan, buku ajar pathology berjudul “Robbin’s Basic Pathology”

Pathology merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai perjalanan penyakit, dimulai dari penyebab hingga tingkat keparahannya. Serupa dengan buku Burket, buku Robbin telah menjadi buku pegangan di universitas saya. Ilmu ini termasuk rumit untuk saya pula, dikarenakan banyaknya komplikasi yang mungkin terjadi dalam satu penyakit. Buku ini membahas mengenai berbagai penyakit, tidak hanya di rongga mulut, tetapi juga manifestasinya di anggota tubuh lain. Buku ini dapat menjadi referensi yang baik dalam mempelajari penyakit.

Kesepuluh, buku ajar radiology berjudul “White and Pharoah’s Oral Radiology Principle and Interpretation”

Radiology merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai diagnosa suatu penyakit melalui gambaran yang didapatkan melalui pancaran cahaya atau radiasi gelombang elektromagnetik ataupun mekanik. Buku ini memberikan penjelasan berdasarkan jenis penyakitnya beserta gambaran radiografinya. Buku ini juga menyediakan ciri khas dari setiap gambaran radiografi suatu penyakit, dimana hal ini sangatlah penting dalam menentukan diagnosa penyakit.

Kesebelas, buku ajar ilmu bedah mulut berjudul “Hupp’s Contemporary Oral and Maxillofacial Surgery”

Ilmu bedah mulut merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari prosedur bedah untuk penyakit-penyakit yang terjadi di rongga mulut, seperti kanker ataupun tumor. Menurut saya pribadi, buku Hupp telah dapat memberikan penjelasan yang cukup mengenai berbagai teknik bedah dasar, beserta gambar berwarna yang memperjelasnya di setiap langkah.

Keduabelas, buku ajar ilmu teknologi dan material kedokteran gigi (ITMKG) berjudul “Philip’s Science of Dental Materials”

ITMKG merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai bahan dan material yang digunakan di bidang kedokteran gigi. Hal ini meliputi indikasi bahan, kontraindikasi bahan, sifat bahan, karakteristik bahan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, buku ini juga menjelaskan mengenai berbagai uji yang dapat dilakukan kepada suatu bahan agar dapat dianggap memadai untuk digunakan secara klinis.

Ketigabelas, buku ajar endodontic yang berjudul “Torabinejad’s Endodontics Principle and Practice”

Endodontic merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai perawatan saluran akar gigi. Dikarenakan tingkat kesulitan prosedur perawatan saluran akar, maka dibuatlah buku ini. Buku Torabinejad telah menjadi buku pegangan dalam mempelajari ilmu endodontic di universitas saya, dan memang dapat menjelaskan materi dengan sangat baik.

Itulah ketigabelas buku yang saya gunakan untuk “bertahan hidup” di perkuliahan kedokteran gigi ini. Tentunya, masih banyak buku lain yang dapat digunakan sebagai referensi, namun menurut saya pribadi, ketigabelas buku inilah yang dapat memberikan penjelasan dasar dengan baik dan mudah dipahami bagi pemula, termasuk saya.

Sumber :

https://www.kompasiana.com/

(Visited 22 times, 1 visits today)