Biaya Pasang Gigi Palsu Tidak Murah, Begini Cara Hematnya!

Tahukah kamu, gigi yang hilang bila tidak diganti dengan gigi palsu akan berdampak langsung pada kesehatan gigi dan mulut. Namun, sebelum mengetahui efek negatifnya, penting untuk kamu ketahui dulu berapa biaya pasang gigi palsu.

Dilihat dari estetikanya, gigi yang tanggal pasti berpengaruh banget pada penampilan, apalagi kalau gigi tanggal itu di bagian depan. Berapa biaya pasang gigi palsu kerap menjadi pertanyaan jika ingin memasang gigi tiruan. 

Sebab, biaya pasang gigi palsu di setiap klinik atau rumah sakit memiliki patokan harga berbeda-beda. Selain tergantung jenis penggantiannya, biaya yang ditetapkan juga tergantung dari tarif dokter dan tempat yang dipilih.

Sebelum mengetahui berapa kisaran biaya pemasangan gigi palsu, ketahui dulu alasan, prosedur, jenis-jenis gigi tiruan agar tak salah langkah melakukannya. 

Alasan Memakai Gigi Palsu

Gigi palsu biasanya dipasang untuk mengganti gigi asli yang hilang atau tanggal. Kenapa harus segera dipasang gigi palsu? 

Sebab, gigi yang dibiarkan ompong bisa mengubah struktur rahang yang berimbas pada wajah menjadi tidak simetris. Selain itu, gigi ompong juga bisa menyebabkan kamu sulit mengunyah makanan dan berbicara. 

Banyak faktor yang bisa membuat gigi asli hilang. Biasanya yang sering ditemui adalah karena penyakit gigi dan gusi seperti bakteri yang menyebabkan plak pada gigi. 

Plak gigi ini bisa melemahkan ikatan gigi dengan gusi, sehingga gigi gampang lepas. Faktor lain bisa karena pembusukan gigi berlubang. 

Apapun faktor penyebabnya, kamu harus segera menggantinya dengan gigi palsu. Begitu seperti dikutip dari https://itjen.kemdikbud.go.id/covid19/pentingkah-menggunakan-gigi-palsu/

Berikut ini merupakan manfaat pemasangan gigi palsu : 

  1. Tidak ompong 

Alasan nomor satu ini memang dilihat dari sisi kecantikan. Ya, siapa sih yang mau senyumnya mengembang tidak sempurna karena masalah gigi ompong? 

Pasti jadi bikin kamu tidak pede dong. Jadi alasan utama memasang gigi palsu adalah untuk estetika dan menunjang penampilan 

  1. Tidak membuat gigi bergeser ke ruang kosong 

Kalau ada ruang kosong akibat tanggalnya gigi asli, maka gigi-gigi asli lainnya akan bergeser ke ruang lowong tersebut. Kalau terlalu lama dibiarkan maka akan membuat susunan gigi menjadi berantakan. 

  1. Mengembalikan fungsi pengunyahan 

Misalnya, gigi geraham kamu copot, sudah pasti kamu susah dong untuk mengunyah makanan. 

Nah, agar tetap bisa menikmati makanan, kamu alihkan fungsi gigi tersebut ke gigi bagian depan. Padahal gigi depan berfungsi untuk menggigit, bukan mengunyah. 

Namun, kalau kamu langsung mengganti posisi gigi yang hilang, maka fungsi pengunyahan masih tetap pada tempatnya. 

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu 

Seperti dilansir https://hellosehat.com/, pasien sebelumnya akan dipasangi gigi palsu percobaan terlebih dulu untuk mengukur dan mendapat gambaran bentuk gigi dan mulut pasien. 

Dokter gigi juga akan mengambil gambaran warna gusi dan mulut yang pas dengan gigi palsu. Umumnya, butuh waktu 2 – 3 minggu sebelum gigi palsu bisa dipasang di rongga mulut. 

Berikut ini merupakan tahapan yang akan dilalui pasien: 

  • Dokter gigi akan memeriksa rongga mulut secara menyeluruh 
  • Pengambilan foto rontgen untuk melihat posisi gigi dan tulang secara detail 
  • Pencetakan gigi menggunakan bahan khusus 
  • Pembuatan gigi palsu mengngunakan cetakan gigi yang telah dibuat 
  • Pemasangan gigi palsu oleh dokter.

Jenis-Jenis Gigi Palsu 

Ada dua pengelompokan besar untuk jenis gigi palsu, yaitu gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan permanen. Keduanya pun terbagi menjadi beberapa jenis. 

Berikut ini adalah jenis-jenis gigi palsu yang bisa kamu pilih 

  1. Gigi palsu sebagian berbahan akrilik 

Gigi palsu sebagian adalah gigi tiruan yang dipasang menggantikan gigi asli yang tanggal hanya satu atau beberapa saja. Jenis yang terbuat dari bahan aklirik ini disertai kawat untuk menyambungkan gigi palsu dengan gigi asli yang masih tersisa di rahang. 

  1. Gigi palsu sebagian berbahan lentur 

Jenis gigi palsu ini hampir sama dengan bahan akrilik, hanya saja bahannya lebih lentur, sehingga bisa menempel di gigi. Gigi palsu bahan lentur ini tidak pakai kawat seperti bahan akrilik. 

Kelebihan lain dari jenis ini dilihat dari estetikanya, yaitu lebih tipis dan warnanya bisa disesuaikan dengan warna gusi. 

  1. Gigi tiruan penuh 

Gigi tiruan penuh adalah gigi palsu yang dipasang menyeluruh di rahang atas, bawah, maupun kedua rahang telah hilang, Nah, biasanya lansia memakai gigi palsu jenis ini. Untuk bahannya, gigi palsu jenis ini bisa dibuat dari bahan akrilik atau bahan lain yang lebih lentur. 

  1. Gigi tiruan implant 

Nah, untuk jenis implan ini, gigi palsu akan di pasang sekrup implan yang ditanam dalam tulang rahang. Pemasangannya pun harus melalui prosedur operasi. Gigi implan ini bisa menggantikan satu atau semua gigi yang hilang. 

  1. Gigi tiruan jembatan 

Gigi ini dikenal juga dengan gigi tiruan cekat. Prosedur pemasangannya adalah dengan merekatkan secara permanen pada gigi-gigi di sebelahnya. Contohnya, jika gigi geraham kamu hilang dan mau ganti dengan gigi palsu jembatan, maka gigi tiruan ini akan berbentuk tiga gigi jejer. 

Gigi yang di tengah akan membentuk gigi utuh, sebagai ganti gigi geraham yang hilang. Sementara dua gigi lain yang di samping direkatkan permanen dengan gigi-gigi di sebelah gigi geraham yang hilang. 

Estimasi Biaya Pemasangan Gigi Palsu 

Dikutip dari https://lifepal.co.id/media/biaya-pasang-gigi-palsu/, biaya pemasangan gigi palsu di setiap klinik gigi atau rumah sakit berbeda-beda, tergantung jenis gigi tiruan yang digunakan. Adapun biaya paling murah adalah jenis gigi palsu lepasan berbahan akrilik. 

Tak hanya itu saja, biaya yang ditetapkan juga dilihat dari banyaknya gigi asli yang tanggal. Semakin banyak yang hilang, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. 

Gigi tiruan jembatan juga harganya lebih murah di bandingkan gigi implan. Implan adalah jenis gigi palsu yang memerlukan biaya banyak untuk pemasangannya. 

Pertanyaannya kini, berapa kisaran biaya pasang gigi palsu yang harus disiapkan jika kamu ingin melakukannya?

Pada tahun 2022, biaya implan gigi yang tadinya berkisar Rp8,5 jutaan sampai Rp21 jutaan per gigi, kini menjadi Rp15 jutaan sampai Rp20 jutaan per gigi. Dengan estimasti tersebut, maka kamu harus menyiiapkan dana kurang lebih Rp8 juta untuk pemasangan gigi palsu dan biaya lainnya. 

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Memasang gigi palsu memang dapat dilakukan dengan cara murah, yaitu memanfaatkan proteksi kesehatan dari pemerintah BPJS Kesehatan. Dengan catatan, ada ketentuan yang harus kamu penuhi terlebih dulu untuk melakukannya.

Jika kamu menginginkan pertanggungan yang lengkap, maka jawabannya adalah memiliki asuransi kesehatan, khususnya asuransi gigi. Jenis perlindungan ini akan menjamin kamu dari tagihan perawatan gigi yang mahal.

Umumnya, perlindungan dari asuransi gigi bisa didapatkan dalam bentuk asuransi rider atau tambahan dari asuransi kesehatan. Jadi kamu perlu menjadi nasabah asuransi kesehatan dahulu.

Itulah informasi mengenai gigi palsu, mengapa perlu memasangnya, bagaimana prosedur hingga estimasi biaya pasang gigi palsu. Semoga bermanfaat!

(Visited 333 times, 6 visits today)