website statistics
Home > Perawatan Gigi > Begini Alur Mengapa Radang Gusi Bisa Picu Kematian Janin

Begini Alur Mengapa Radang Gusi Bisa Picu Kematian Janin

Ads
Advertisement

Di dalam mulut ada jutaan bakteri. Bakteri tersebut berada diantara sela-sela gigi, di balik gusi, dan ujung akar gigi yang sudah berlubang. Karenanya menyikat gigi rutin dua hari sekali adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan jumlah bakteri. Jika tidak, maka menimbulkan radang gusi. Bila radang itu sudah berisfat kronis maka memicu risiko munculnya penyakit jantung dan kematian janin.

Pakar kesehatan gigi dan mulut FKG UGM Dr drg Ahmad Syaify SpPerio(K) mengatakan, radang gusi berpotensi menimbulkan fokal infeksi. Umumnya dari radang tersebut hasilkan bakteri jenis gram negatif anaerob. “Bakteri ini kemudian ikut aliran darah. Lalu mengeluar toksin berupa endotoksin yang bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah di Jantung,” kata Direktur RSGM Prof Soedomo FKG UGM itu dalam acara periksa gigi gratis Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang di selenggarakan di FKG UGM.

BACA JUGA :

BAWA ISTRIMU KE DOKTER GIGI SEBELUM MERENCANAKAN KEHAMILAN

bawa istri ke dokter gigi

Selain itu, bakteri dari radang gusi tersebut merangsang hormon oksitosin yang menimbulkan kontraksi uterus dini yang menimbulkan kematian pada janin. “Makanya wanita hamil jangan sampai ada radang di dalam tubuh,” imbuhnya.

Meski kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan gigi makin meningkat, namun menurut Prof Dr drg Iwa Sutardjo Rus Sudarso SU SpKGA(K), kesadaran itu masih perlu ditingkatkan. Dia menyebutkan, data riset kesehatan dasar 2007 menunjukkan, sebanyak 78,9% penduduk Yogyakarta memiliki pengalaman karies dengan indeks gigi berlubang 6,53. Sedangkan hasil BKGN 2011 di FKG UGM terhitung sebesar 92% dari 1.791 pengunjung masih memiliki permasalahan gigi.

Dari hasil BKGN 2011 di 14 FKG hasil kerjasama dengan PT Unilever diperoleh data, sekitar 94% pengunjung mengalami permasalahan gigi. Hal itu terlihat dari jumlah tindakan perawatan gigi yang diberikan, dan sebagian besar pasien adalah anak-anak.

“Penyakit gigi ternyata tidak bisa diremehkan karena bisa berakibat sistemik. Artinya, bisa memicu penyakit lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh,” tambah Senior Branch Manager Pepsodent PT Unilever Indonesia Tbk Varina Merdekawaty.

ARTIKEL POPULER MINGGU INIĀ :

 

Terima kasih :

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/ramadan/ramadan_news/2012/09/30/131359/Radang-Gusi-Picu-Penyakit-Jantung-dan-Kematian-Janin

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id