Menkes : Dokter Gigi Tidak Ada Yang Mau Ke Daerah

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
6.4kShare on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

image from ponkesdessumberwaru.blogspot.com

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek mengeluhkan masih banyaknya dokter yang enggan ke daerah terpencil, termasuk dokter gigi. “Cari dokter susah di daerah,” ujarnya saat diskusi setelah membuka pertemuan Koordinasi Kesehatan Tingkat Sumatera Barat di Kota Padang, Sumatera Barat, Ahad malam, 21 Februari 2016.

Nila menjelaskan, Kementerian Kesehatan melakukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah melalui Nusantara Sehat. Penguatan itu terutama di daerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim.

Kegiatan ini melibatkan lima-sembilan tenaga kesehatan, seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, bidang, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medis, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian. Mereka bakal ditempatkan di pelosok Nusantara untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui preventif, promotif, dan kuratif.

Namun, ucap Nila, dari belasan ribu pendaftar Nusantara Sehat, hanya tiga-sebelas dokter yang ikut serta. Itu pun tidak ada dokter gigi. “Dokter gigi tak mau ke daerah,” ujarnya.

BACA JUGA :

DI PUSKESMAS, DOKTER GIGI MELAYANI 15 PASIEN ITU TIDAK WAJAR

puskesmas

Nila mengaku sudah meminta ke Wakil Presiden Jusuf Kalla memperhatikan tenaga media, apalagi yang bertugas di daerah terpencil dan harus bekerja 24 jam. Malah, tutur dia, lebih baik menggunakan sistem inpres yang pernah diterapkan.

Dengan inpres tersebut, para dokter berkewajiban mengabdi di daerah-daerah terpencil. “Tapi saat ini kami tak bisa memaksa, apalagi di era reformasi ini,” katanya. Namun Kementerian Kesehatan terus berupaya mendorong dokter-dokter melayani masyarakat di daerah-daerah terpencil dengan menambah honor mereka.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugiantono menyatakan ada tiga bentuk pengisian tenaga kesehatan di daerah-daerah. Pertama, melalui Nusantara Sehat. Kedua, dokter pegawai tidak tetap (PTT). Pada 2015, ada 649 dokter PTT yang dikirim ke daerah terpencil. Ketiga, dokter PTT daerah.

Beberapa provinsi sudah mampu mengangkat dokter PTT daerah sesuai dengan kepentingan daerah mereka. “Tiga ini yang selalu kami sinergikan,” ujarnya. Hingga kini, yang sulit dicari adalah dokter gigi. Saat ini ada sekitar 4.000 puskesmas di Indonesia yang belum memilik dokter gigi. “Sebanyak 55 persen dari 9.764 puskesmas di Indonesia belum memiliki dokter gigi.”

Artikel Populer Minggu Ini :

Terima kasih :

https://nasional.tempo.co

Berikan Komentar Disini

Artikel Terkait

Berita
views 23
Dapatkan berita terbaru kedokteran gigi di SINI
Sampaikan Fakta, Dokter Gigi Ini Malah Disomasi Pe...
views 1658
"Kicauan itu sudah 1,5 tahun yang lalu. Aku sendiri tidak tahu kenapa Chripstory itu muncul lagi. Kalau masalah somasi itu tidak masalah, kami akan me...
The World’s Most Expensive Smile $152,700
views 259
The glitzy choppers are made of pure gold and diamonds. Part of the proceeds from sales of the bejeweled implants will go to a children's charity. A ...
Soimah Dan 5 Artis Ini Habiskan Rp 98 Juta Demi Gi...
views 28561
MILIKI gigi putih dan indah memang dambaan setiap orang. Tentunya dengan miliki gigi putih yang berderet rapih membuat seseorang merasa pede saat berh...
Tren Gigi Kelinci Di Kalangan Artis
views 13024
Jika waktu kecil mungkin kamu pernah diledek karena memiliki bentuk gigi depan yang menyerupai gigi kelinci, nampaknya bentuk gigi tersebut kini sudah...
Dokter Gigi Ini Membawa Air Softgun Di Pelantikan ...
views 434
Petugas Polsek Medan Baru, Medan, Sumatera Utara, menyita tiga unit airsoft gun milik kader Pemuda Pancasila (PP) yang akan mengikuti pelantikan MPC P...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
6.4kShare on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.