website statistics
Home > Berita > Prof Soedibyo : Pasang Gigi Palsu Di Tukang Gigi Seperti Pasang Ranjau Di Mulut

Prof Soedibyo : Pasang Gigi Palsu Di Tukang Gigi Seperti Pasang Ranjau Di Mulut

Advertisement
Advertisement
image from http://ugm.ac.id
image from http://ugm.ac.id
Tenaga yang tidak mengetahui segala pengetahuan ilmiah mengenai kesehatan jaringan rongga mulut dapat fatal jika nekat melakukan praktik kedokteran gigi. Jika tukang gigi memasang gigi tiruan pada pasiennya itu sama saja seperti memasang ranjau dalam rongga mulut.
Demikian diungkapkan oleh Prof. Dr. drg. Sudibyo, SU., Sp. Perio (K), ketua PDGI cabang Yogyakarta saat ditemui detikHealth di Dental Center Yogyakarta..

Berdasarkan peraturan baru Menteri Kesehatan, tukang gigi dilarang melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

“Peraturan baru mengenai larangan terhadap tukang gigi untuk melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sebenarnya merupakan wujud perlindungan pemerintah terhadap masyarakat Indonesia,” tutur Prof Sudibyo.

Tidak hanya di desa saja, masyarakat yang tinggal di perkotaan pun sebagian masih tertarik untuk melakukan perawatan gigi di tukang gigi. Sebagian masyarakat masih melakukan pembuatan dan pemasangan gigi tiruan di tukang gigi.

“Sebagian masyarakat Indonesia masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kesehatan gigi dan mulut. Kebutuhan pelayanan kesehatan gigi dan mulut juga semakin meningkat. Sedangkan jumlah tenaga kesehatan gigi profesional, khususnya dokter gigi masih kurang untuk memenuhi kebutuhan kesehatan gigi masyarakat. Tenaga kesehatan gigi profesional juga masih belum tersebar dan masih terkonsentrasi di daerah-daerah tertentu,” tutur Prof. Dibyo.

Masyarakat Indonesia masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kesehatan gigi, sehingga tidak mengetahui risiko kesehatan jika melakukan perawatan gigi ke tukang gigi. Gigi merupakan bagian tubuh yang memang tampak sangat kecil dan sepele.

“Tenaga yang tidak mengetahui segala pengetahuan ilmiah mengenai kesehatan jaringan rongga mulut dapat fatal jika nekat melakukan praktik kedokteran gigi. Jika tukang gigi memasang gigi tiruan pada pasiennya itu sama saja seperti memasang ranjau dalam rongga mulut. Karena hal tersebut dapat fatal pada pasien-pasien yang memiliki kerentanan penyakit sistemik,” jelas Prof.Dibyo.

Menurut Prof Dibyo, gigi tiruan yang tidak benar secara medis dapat menyebabkan infeksi, memicu bakteri dalam rongga mulut yang kemudian menyerang tubuh. Pembuluh-pembuluh darah yang sangat kecil di dalam jaringan pendukung gigi menyebabkan infeksi gigi tersebar hingga bagian tubuh yang vital.

Maka orang yang akan melakukan perawatan gigi ke tukang gigi harus tahu betul mengenai segala risikonya. Karena meskipun tampaknya gigi hanya merupakan sebagian kecil dari tubuh, namun tidak dapat disepelekan.

Sumber tulisan :
Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Dokter Gigi Sering Tangani Efek Samping Kerja Tuka...
views 2033
Perwakilan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Harum Sasanti mengungkapkan, banyak dokter gigi yang merupakan rekan kerjanya sering menemukan efek ...
Ketua PDGI : Hanya 2 Ini Kewenangan Dari Tukang Gi...
views 1656
Keberadaan tukang gigi kini telah diakui oleh pemerintah untuk bekerja. Namun tentu saja tugas tukang gigi berbeda jauh dengan dokter gigi. Tukang gig...
Ini Lho Pasal-Pasal Terkait Kewenangan Tukang Gigi
views 612
POSTING TERKAIT TUKANG GIGI : Politisi PDIP : Desak Pemerintah Bebaskan Tukang Gigi Gusi Membesar Gara-Gara Cabut Di Tukang Gigi? MK: Tukang...
MK: Tukang Gigi Harus Dibina, Bukan Dihapus
views 702
Upaya Hamdani Prayoga memperjuangkan hak konstitusionalnya selaku tukang gigi membuahkan hasil. Hari ini (15/1), MK mengabulkan permohonan pengujian P...
Bermodal Youtube, Nurul Buka Praktik Dokter Gigi D...
views 519
Internet merupakan wadah untuk mencari segala macam informasi yang kita tidak tahu. Kita bisa mencari informasi di internet melalui mesin pencari ...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id