website statistics
Home > Ilmiah > Mitos Seputar Behel #1 “Behel = Fashion Kekinian”

Mitos Seputar Behel #1 “Behel = Fashion Kekinian”

Advertisement
Advertisement

Penulis :

drg. Liquisa Eka Shanty, Sp. Ort

Dilihat dari aspek manapun, behel atau kawat gigi tidak ada unsur fashionnya.

Hati-hati dengan berbagai istilah behel fashion, behel lepas pasang, behel kekinian dll.

Sejatinya behel atau yang dalam istilah kedokteran gigi disebut bracket / braces adalah piranti kesehatan yang penggunaannya harus didasarkan pada indikasi medis.

Sebelum pemasangan behel wajib dilakukan anamnesa (pemeriksaan subyektif melalui tanya jawab dengan pasien), cetak gigi rahang atas & bawah, foto ekstra oral (profil wajah) & intra oral (dalam rongga mulut), serta foto rontgen (ada 2 macam foto rontgen yg dibutuhkan dan itu WAJIB).

Hal-hal tersebut dilakukan untuk menegakkan diagnosa dan rencana perawatan.

Jadi jika kamu melewatkan pemeriksaan-pemeriksaan di atas, kamu wajib waspada terhadap kapabilitas operator yang memasang behel kamu, benarkah operator tersebut paham apa yang dikerjakannya? Atau hanya sekedar tahu caranya menempel behel?

BACA JUGA :

BOM WAKTU DIBALIK FENOMENA VENEER GIGI

veneer gigi

– Tapi behel saya kan gak pake ditarik dok, gakpapa dong

Meskipun tanpa ditarik, pemasangan behel itu sendiri sudah memberikan “beban” bagi gigi dan jaringan penyangganya (gusi & tulang rahang).

Selain itu sering ditemukan kenyataan di lapangan berbeda dengan pernyataan “tidak ditarik” tersebut. Bilangnya sih tidak ditarik, kenyataannya behel tetap dipasangi powerchain (karet yang menyambung jadi satu), tentu saja, karena karet tersebut adalah bagian dari “fashion”nya, jadi kalau cuma dipasangi 1 macam karet apanya yang fashionable? Jadilah yang namanya powerchain dipasang dobel-dobel dengan power o (karet single). Secara penampakan memang lucu sih, warna warni, tapi efeknya beban gigi semakin berat dan kerusakan jaringan semakin parah

– Tapi kan kelihatan keren dok klo pake behel, temen2 saya banyak yang pake

Jika yang disebut keren itu : Sisa-sisa nasi pecel sarapan kamu eksis di senyum kamu karena pada nyangkut di behel? Ya silakan aja kalau begitu 😄

– Jadi kalau saya pingin kelihatan gaya & beda dari temen2 saya gimana dok?

Ubah paradigma kamu soal “pake behel itu gaya”. Gunakan behel jika memang dokter gigi kamu menyarankan dan memperbolehkan untuk memakainya. Yang benar2 keren & fashionable adalah GIGI SEHAT. Bebas karies / lubang, bebas karang gigi, bebas radang gusi, bebas bau mulut. Itu baru yang namanya cool 👍🏻

POSTING TERKAIT SEPUTAR BEHEL

Mitos Seputar Behel #2 “Behel Murah Sama Aja Sama Yang Mahal”

Mitos Seputar Behel #3 “Pasang Behel Di Tukang Gigi Juga Bisa Rata Kok Giginya”

Ingat Ya Behel Buka Fashion

Tren Terbaru : Behel Dibelakang Gigi

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Kata Siapa Kakek dan Nenek Nggak Boleh Pakai Behel
views 107
Selain pertanyaan tentang usia paling muda untuk memulai perawatan ortodonti, pertanyaan yang juga sering ditanyakan adalah usia paling tua untuk mend...
Retainer Kansal: Sebuah Retainer Ortodontik Lepasa...
views 76
Retainer Kansal merupakan retainer lepasan dan retainer ortodontik tooth-borne yang memiliki komponen kawat dan akrilik. Komponen kawatnya termasuk la...
Bolehkah Makan Obat Saat Sakit Gigi Karena Pakai B...
views 48
Pemakaian behel bertujuan untuk membuat gigi berada dalam posisi idealnya. Untuk mencapai tujuan tersebut gigi perlu didorong, ditarik, ditinggikan, d...
Perlukah Saya Pakai Behel?
views 36
Maloklusi adalah kelainan susunan gigi yang berbeda dari posisi idealnya, seperti gigi berjejal, gigi berjarak, gigitan terbalik, dan sebagainya. Malo...
Mitos Seputar Behel #2 “Behel Murah Sama Aja...
views 1523
Penulis : drg. Liquisa Eka Shanty, Sp. Ort Ini sangat salah kaprah, mari kita telisik perbedaan pemasangan behel di tukang gigi / salon (yang murah)...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id