website statistics
Home > Berita > Tren Terbaru : Behel Dibelakang Gigi

Tren Terbaru : Behel Dibelakang Gigi

Advertisement
Advertisement
image from http://www.inilahkoran.com/
image from http://www.inilahkoran.com/

Tak ingin mulut terlihat lebih maju karena penggunaan kawat gigi? Kini ada teknik anyar yang dikenalkan ke publik, yakni Lingual Braces.

Siapa yang tidak mengenal behel. Penggunaannya yang belakangan dilakukan tak hanya untuk kesehatan mulut namun untuk fesyen membuat behel begitu ternama. Rupanya, behel yang hanya digunakan di depan gigi.

Hadir sebuah inovasi anyar. Behel yang tidak nampak kala tersenyum dan tentunya tidak membuat gigi maju atau monyong. Penggunaa behel ini tidak terlihat dari depan, karena memang dipasang di belakang permukaan gigi.

Namanya Lingual Braces. Ini merupakan kawat gigi produksian Prancis yang dipasang tersembunyi karena berada di belakang gigi. Secara estetika, kawat gigi ini tidak hanya membuat mulut tampak normal, saat membuka mulut, gigi pun tidak akan terlihat seperti memakai behel karena letaknya yang tersembunyi.

Lingual Braces memang tak terlalu familiar karena hanya beberapa kasus yang menggunakan kawat gigi tersebut. Selain itu biayanya lebih mahal, diperlukan keahlian khusus bagi dokter gigi untuk mengatur jaringan kawat di balik gigi setiap kali kontrol.

Bukan hanya harganya yang mahal, Lingual Braces juga lebih lama tercapai hasilnya, lebih sulit membersihkan sisa sisa makanan karena letak kawat di bagian dalam gigi dan pada beberapa kasus tidak dapat diterapkan.

Baca Juga :

“Hanya untuk kasus tertentu, jadi enggak banyak yang menggunakan Lingual Braces,” ujar spesialis ortodonti drg Margaret Myra Budhi SpOrt kepada INILAH saat ditemui ditempat praktiknya di kawasan Surya Sumantri, Kota Bandung, Rabu (12/8).

Proses yang dibutuhkan untuk mereka yang menggunakan Lingual Braces memang tak berbeda jauh dengan behel pada umumnya. Hanya saja, pemasangannya yang ada di belakang gigi butuh waktu lebih sedikit lama dari biasanya.

Soal perawatan memang sedikit sulit. Gigi sulit bersih karena sulitnya jangkauan sikat gigi untuk menggapai sela-sela terlebih bagian belakang gigi. Untuk itu dibutuhkan kehati-hatian serta ketelitian untuk perawatannya saat memilih Lingual Braces.

“Sebenarnya dengan atau tanpa menggunakan Lingual Braces, gigi harus rutin dibersihkan. Pastikan gigi selalu dalam kegiatan bersih. Rutin sikat gigi dan periksakan gigi ke dokter itu harus menjadi agenda wajib. Minimal tiga hingga enam bulan sekali ke dokter,” terangnya.

Bicara soal harga, Lingual Braces memang dibanderol cukup mahal. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp12 juta. Maka dari itu, lingual braces tak begitu familiar karena harganya yang menguras kocek.

Baca Juga : Gusi Berdarah saat Gosok Gigi ? Awas Jangan Disepelekan

Sumber gambar dan tulisan :

http://www.inilahkoran.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook23Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id