Fakta : Tidur dengan Mulut Terbuka Bisa Merusak Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

mulut terbuka

Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka ternyata bisa merusak gigi. Mengapa demikian? Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Rehabilitation Oral, tidur dengan mulut terbuka meningkatkan keasaman di mulut, sehingga menyebabkan risiko pengikisan enamel gigi.

Hal itu terjadi karena saat tidur dengan mulut terbuka, seseorang biasanya akan bernapas melalui mulut. Saat itu, kondisi mulut jadi mengering karena kurangnya produksi air liur.

Kurangnya air liur itulah yang menyebabkan tingginya keasaman mulut. Padahal, air liur memiliki kemampuan alami membunuh bakteri di mulut yang menghasilkan asam.

Penelitian dilakukan dengan mengukur kadar asam dalam mulut ketika seseorang bernapas lewat mulut serta membandingkannya dengan mereka yang tidur dengan mulut tertutup.

Peneliti mengungkapkan, dalam kondisi normal, tingkat pH atau keasaman dalam mulut adalah 7,7 atau netral. Namun, ketika tidur dengan mulut terbuka, pH rata-rata 6,6. Bahkan pada beberapa orang, pH menjadi 3,6 atau artinya tingkat keasaman lebih tinggi.

Tingkat keasaman yang tinggi dapat mengikis enamel gigi, sama halnya jika minum segelas jus jeruk maupun minuman bersoda sebelum tidur.

Sejumlah dokter gigi pun percaya bahwa orang yang tidur dengan mulut terbuka lebih berisiko mengalami kerusakan gigi.

Peneliti menyimpulkan, semakin tinggi tingkat keasaman, maka semakin besar risiko terjadinya erosi gigi, terjadinya karies, hingga pembusukan.

Orang yang mulutnya terbuka saat tidur, biasanya memiliki asma maupun sleep apnea obstructive atau henti napas saat tidur. Hal ini kebanyakan terjadi pada pria.

POSTING TERKAIT

Sumber tulisan dan gambar :

http://health.kompas.com

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.