web tracker Gusi Berdarah saat Gosok Gigi ? Awas Jangan Disepelekan - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Gusi Berdarah saat Gosok Gigi ? Awas Jangan Disepelekan

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook72Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement
image from http://gusiberdarah.com
image from http://gusiberdarah.com

Mengetahui tanda awal penyakit gusi sangat penting untuk semua orang. Pasalnya, saat seseorang mengetahui itu ia bisa mengambil langkah preventif sehingga jauh dari risiko penyakit tersebut.

Tak hanya kesehatan gigi yang perlu diperhatikan, gusi merupakan bagian yang sama perlu diperhatikan juga. Hal itu karena keberlangsungan gigi sehat sampai usia tua itu, bergantung pada kedua bagian itu. Sebaliknya, saat seseorang abai terhadap kesehatan gigi terutama gusinya, hal itu akan memudahkannya mengalami penyakit gusi atau infeksi yang menyerang ke tulang pendukung gigi. Sehingga bisa mengakibatkan seseorang mengalami gigi tanggal pada usia dewasa.

“Ibarat pondasi rumah, gusi itu adalah pondasinya. Jadi, seseorang jangan pernah mengabaikan kesehatan gusinya. Nah, gusi berdarah yang suka dialami banyak orang saat menggosokan gigi, merupakan tanda awal penyakit gusi,”jelas Drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc, Professional Relationship Manager Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk, dalam acara yang bertema Sepelekan Penyakit Gusi Sebabkan Risiko Tanggalnya Gigi, di Pepsodent Dental Expert Center, Gandaria City, lantai UG, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Baca Juga :

Hal senada juga disampaikan Drg. Hari Sunarto Sp.Perio(K), Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta berpendapat, gusi dan gigi tak bisa dipisahkan untuk keseluruhan kesehatan gigi.

“Benar memang, bahwa gusi itu seperti pondasi rumah. Bayangkan, kalau pondasi rumah sudah hancur pasti sulit untuk memperbaikinya. Dan hal itu juga seperti gusi, kalau gusinya sudah terganggu atau rusak akan susah untuk mengobati gigi seseorang. Makanya, gusi dan gigi sama-sama penting. Dan, kalau seseorang mengabaikan kondisi itu, biasanya lama kelamaan giginya akan tanggal,” terangnya.

Kendati demikian, tak perlu cepat cemas. Sebab, selagi seseorang minimal menyikat giginya dua kali sehari, mulai saat pagi ataupun sebelum tidur. Apalagi, ditambah sikat gigi juga saat mandi sore, seseorang dengan sendirinya akan terhindar penyakit gusi, kata drg. Heri.

Drg. Ratu, begitu sapaan akrabnya, juga menambahkan pasta gigi juga mendukung dalam mencegah penyakit gusi. Di mana seseorang disarankan untuk memilih pasta gigi memiliki kombinasi kandungan vitamin E, Zinc Citrate dan Microgranules. Hal itu karena semua kandungan itu, terutama microgranules mampu membersihkan sela-sela gigi sebesar 94 persen, alhasil akan melindungi kesehatan gusi dalam 24 jam.

Baca Juga : Ini Lho Efek Kalo Gigi Ompong Dibiarkan

Sumber tulisan :

http://lifestyle.okezone.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook72Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0