website statistics
Home > Perawatan Gigi > Hati-Hati Inilah 4 Penyakit Serius Karena Gigi

Hati-Hati Inilah 4 Penyakit Serius Karena Gigi

Advertisement
Advertisement
image from http://kabarimbo.com/
image from http://kabarimbo.com/

Cobalah Anda berkaca dan memperhatikan gigi atau rongga mulut. Jika Anda mengidap penyakit gusi seperti gingivitis atau periodontitis, maka kemungkinan akan terkena penyakit lain yang lebih serius. Jadi, jangan anggap sepele kesehatan gigi dan mulut.

Berikut empat penyakit yang diduga berkaitan dengan penyakit gigi.

1. Alzheimer

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE, periodontitis atau penyakit gusi yang serius berkaitan dengan penurunan kemampuan kognitif dan memperparah demensia Alzheimer.

Orang yang mengalami periodontitis mengalami penurunan kognitif enam kali lebih cepat dibanding mereka yang tidak. Peneliti percaya, bakteri periodontal yang menyebabkan peradangan gusi bisa mempercepat perkembangan demensia.

2. Stroke

Orang-orang yang mengalami perdarahan intraserebral atau semburan darah ke dalam jaringan otak dimungkinkan memiliki jenis bakteri tertentu di air liur mereka. Seperti ditulis dalam jurnal Scientific Reports, bakteri itu disebut cnm-positif S. mutans.

Menurut studi terbaru, pada orang yang memiliki jenis stroke itu, setelah diperiksa, sebanyak 6 persen positif ada jenis bakteri tersebut. Bakteri itu tak hanya menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang, tetapi juga dapat mengikat pembuluh darah. Kemudian meresap ke dalam pembatas darah dan otak sehingga menyebabkan perdarahan.

3. Penyakit jantung

Menurut American Heart Association, penyakit gusi memang berkaitan dengan penyakit jantung. Penelitian Universitas Florida yang dipresentasikan dalam American Society for Microbiology menunjukkan, ada bakteri penyebab penyakit gusi yang ditemukan sama dengan di jantung.

Dalam penelitian pada tikus, bakteri dalam mulut yang menyebabkan penyakit gusi juga ditemukan dalam aliran darah tikus. Hal ini menjadi faktor risiko penyakit jantung yang jarang diketahui.

4. Radang sendi

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS Pathogens menunjukkan, kesamaan bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal, Porphyromonas gingivalis dan rheumatoid arthritis. Bahkan, bakteri itu disebut dapat memperparah penyakit dan kehancuran tulang rawan.

Para peneliti dari Universitas Louisville percaya, P. gingivalis dapat menghasilkan enzim tertentu yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

POSTING TERKAIT

Sumber tulisan :

http://health.kompas.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Mucocele : Benjolan Pengganggu di Mulut Anak
views 2160
Masalah pada rongga mulut ternyata tidak hanya terbatas pada gigi. Sebagian masyarakat mungkin sudah banyak yang pernah mengalami benjolan di rongga m...
Masih Sering Pakai Tusuk Gigi? Waspada Resikonya!
views 98
Jika makanan sering terselap di antara gigimu, alasannya mungkin karena tambalan yang tidak sempurna, gigi bergeser atau celah bahkan lubang yang menj...
Cabut Gigi saat Puasa, Batalkah?
views 881
Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang didalamnya terdapat perintah wajib berpuasa di siang hari bagi umat muslim. Sebagai sebuah ibadah wajib, puas...
Mempertahankan Gigi Asli Selama Mungkin di Dalam M...
views 91
https://lifetimedentalcaretricities.com/why-is-a-root-canal-better-than-an-extraction-2/ Gigi yang berlubang sudah seharusnya ditambal. Namun, seri...
5 Manfaat Kalo Rutin Scaling Gigi
views 1965
Mungkin tidak banyak orang yang mengerti apa maksud dari ‘scaling gigi’ ketika mereka mendengar istilah ini diucapkan. Tetapi, begitu dijelaskan kalau...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id