website statistics
Home > Perawatan Gigi > 6 Trik Kekinian Biar Kamu Yang Muda Gak Takut Ke Dokter Gigi

6 Trik Kekinian Biar Kamu Yang Muda Gak Takut Ke Dokter Gigi

Ads
Advertisement

Apakah kamu panik dan takut pergi ke dokter gigi? Mungkin ada perasaan cemas atau gundah? Tenang, kamu gak sendirian kok. Ternyata, hampir 70 persen orang dewasa di dunia ini juga takut pergi ke dokter gigi. Kecemasan yang berlebihan ini disebut sebagai odontophobia.

Saking takutnya ke dokter gigi, mereka sampai menghindari klinik gigi. Kalau mengalami sakit gigi mereka memilih bertahan, membiarkannya sembuh sendiri, atau beli obat pengurang rasa sakit. Padahal, cara-cara itu justru bahaya.

Untuk mengatasi rasa takut memeriksakan gigi ke dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Terima aja kalau kamu memang takut. Jangan malu mengakuinya di depan dokter.

Kalau kamu memang benar-benar takut diperiksa, ungkapkan saja kepada sang dokter. Tak perlu malu sekalipun kamu sudah dewasa. Apa yang membuatmu takut, siapa tahu dokter itu bisa membantu. Misalnya kamu takut ke dokter gigi karena gak mau disuntik, bilang saja ke dokter. Dokter pasti mencarikan formula atau alternatif yang tepat agar kamu tak kapok periksa gigi.

2. Kamu takut sama dokter gigi? Cobalah terbiasa melakukan kunjungan rutin.

Ketakutanmu lama-lama akan hilang kalau rutin berkunjung ke dokter gigi. Kamu pun akan merasa memeriksakan gigi adalah kebutuhan. Kalau gigi sehat, bersih, dan kuat, kerusakan yang parah tak akan pernah kamu alami. Memeriksa gigi pun rasanya jadi ringan karena tak perlu bersakit-sakit mencabut gigi yang berlubang. Dengan begini, kamu tak perlu takut berkunjung ke dokter gigi.

3. Coba cari dokter gigi yang ramah, baik, ganteng atau cantik. Rasa takutmu pasti sedikit menghilang.

Dokter gigi yang ramah, baik, ganteng atau cantik bisa jadi motivasi untuk rutin memeriksakan gigi. Sekalinya dapat dokter yang seperti itu, kamu akan ‘ketagihan’ datang ke klinik. Terapi ini lumayan membantumu mengusir ketakutan untuk datang ke dokter gigi.

BACA JUGA :

6 LANGKAH MUDAH TANPA REPOT UNTUK SEMBUHKAN LOW BACK PAIN BAGI DOKTER GIGI

low-back-pain-1

4. Coba akrab dengan si dokter, kalau bisa jadikan dia sohib yang asyik.

Mencoba akrab dengan dokter gigi juga dapat membantumu menghilangkan rasa takut memeriksakan gigi. Cobalah berteman, bahkan bersahabat, dengan dokter gigi itu. Setelahnya, kamu tak akan sungkan-sungkan datang ke kliniknya, karena yang memeriksa sudah kamu kenal baik. Kepercayaan terhadap dokter yang memeriksa gigimu, yang juga sahabatmu sendiri, akan meningkat sehingga kecemasan akan hilang.

5. Coba pahami prosedur demi prosedur pemeriksaan gigi. Lama-lama kamu pasti gak takut lagi.

Jangan malas membaca seputar pengetahuan kesehatan gigi. Kalau sudah banyak membaca, kamu pun akan tahu prosedur demi prosedur caranya merawat gigi. Klinik dokter gigi pun rasanya menjadi tak asing bagimu meski sebelumnya kamu benar-benar takut. Mengetahui fakta tentang prosedur inilah yang membantu mengurangi rasa cemasmu.

Pengetahuan adalah kekuatan. Memahami apa prosedur gigi melibatkan akan membantu kamu lebih mempersiapkan diri untuk itu. Banyak orang mengalami rasa takut dokter gigi karena mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Kecemasan mereka meningkat oleh fakta bahwa mereka tidak menguasai prosedur.

6. Kalau belum berani juga, carilah dukungan dari orang-orang terdekat.

Rupanya kamu perlu motivasi untuk datang ke dokter gigi. Kalau sudah begini, rasanya kamu perlu bantuan dari orang lain. Tugas mereka adalah memotivasi dan mendukungmu. Minta orang-orang terdekat untuk mengantarmu ke dokter gigi. Niscaya keberadaan mereka akan menepis kecemasanmu.

Takut dengan dokter gigi adalah hal biasa, bukan bahan lelucon. Kamu tidak perlu malu. Ini adalah fobia menimpa jutaan orang di dunia. Namun menghindari dokter gigi bukanlah solusi. Mulai sekarang, jangan pernah takut ke dokter gigi.

ARTIKEL POPULER MINGGU INI :

Terima kasih :

https://hype.idntimes.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

12 Alasan Orang-Orang Suka Malas Ke Dokter Gigi
views 458
Coba ingat kapan terakhir kamu ke dokter gigi. Jangan-jangan selama ini kamu nggak pernah ke dokter gigi. Hiii…..apa kabar gigi kamu. Padahal kita dia...
12 Langkah Mudah Ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut
views 209
Odontophobia atau ketakutan dan kecemasan terhadap perawatan gigi dialami oleh sekitar 20 persen populasi di berbagai negara maju. Uniknya odontophobi...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id