web tracker 6 Langkah Mudah Tanpa Repot Untuk Sembuhkan Low Back Pain Bagi Dokter Gigi - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

6 Langkah Mudah Tanpa Repot Untuk Sembuhkan Low Back Pain Bagi Dokter Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Penyebab nyeri punggung (back pain) paling sering dialami oleh dokter gigi adalah karena sikap tubuh yang salah saat bekerja dengan pasien. Rebahan di kursi atau terlalu sering membungkuk juga bisa menimbulkan nyeri punggung kronis. Nyeri punggung menjadi masalah serius bagi dokter gigi (Selain low back pain, masalah bagi dokter gigi adalah Tremor. Baca Penyakit Tremor : Momok Bagi Dokter Gigi Yang Perlu Diwaspadai)

Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi masalah back pain. Berikut adalah beberapa solusi alternatif untuk mengatasi back pain:

1. Akupunktur

Akupuntur merupakan salah metode pengobatan Cina kuno.

Menurut masyarakat Cina kuno, ketika jalur energi dalam tubuh terhalang maka akan menghambat aliran energi dalam tubuh sehingga menimbulkan sensasi nyeri.

Jarum yang dimasukkan ke dalam tubuh di beberapa titik akupunktur bertujuan untuk membuka jalur-jalur energi yang terhalang serta meredakan nyeri.

2. Suplemen Vitamin D

Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang dan sendi menjadi lemah.

Terdapat kemungkinan nyeri punggung kronis yang Anda alami disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin D.

Beberapa sumber vitamin D yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah paparan sinar matahari, susu yang diperkaya vitamin D, sereal, ikan, dan suplemen vitamin D.

GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PRAKTIK DOKTER GIGI DAN UPAYA PENCEGAHANNYA

Ergonomis dalam Hubungannya dengan Dokter Gigi

3. Yoga

Melalui penguasaan fleksibilitas dan melatih kekuatan tubuh dengan melakukan pose tertentu, yoga menciptakan keseimbangan dan sirkulasi darah.

Yoga merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah punggung, namun beberapa pose yoga juga bisa memperparah nyeri punggung.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik lakukan latihan yoga hanya dengan pengawasan dan bimbingan seorang ahli yoga.

4. Terapi Pijat

Terapi pijat adalah cara yang bagus untuk meredakan nyeri punggung, sekaligus memberi kenyamanan dan relaksasi.

Terapi pijat memberi ketenangan baik secara fisik maupun mental sehingga cocok digunakan sebagai terapi untuk masalah punggung selama kehamilan.

5. Teknik Alexander

Teknik ini diciptakan oleh seorang dokter Australia, Dr. Frederick Matthias Alexander.

Teknik Alexander berguna untuk menyingkirkan berbagai rasa sakit, nyeri, serta ketegangan otot dengan memperbaiki sikap tubuh.

Alexander percaya sikap tubuh yang salah menyebabkan banyak masalah. Itu sebab, memperbaiki sikap tubuh akan menjadi solusi dari masalah low back pain permanen.

6. Chiropractic

Banyak orang mengunjungi chiropractor (ahli chiropractic) untuk mencari solusi masalah punggung.

Chiropractor akan mengembalikan mobilitas dan kemampuan sendi dengan menggunakan teknik chiropractic manipulasi tulang belakang.

Sendi yang sakit karena cedera otot, otot keseleo, atau peradangan akan dikembalikan ke posisi semula.

Chiropractic merupakan salah satu solusi yang paling banyak digunakan untuk meringankan tubuh dari rasa sakit dan kekakuan otot.

Artikel Populer Minggu Ini :

Terima kasih untuk :

http://www.amazine.co

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Low Back Pain : Momok Bagi Dokter Gigi
views 2792
Penulis : drg. Martha Mozartha Diterbitkan di https://www.klikdokter.com Merawat pasien yang berbaring di dental unit membuat dokter gigi harus dudu...
Begini Cara Yoga Untuk Mengatasi Low Back Pain Bag...
views 1776
Salah satu penyakit yang mengintai dokter gigi adalah Low Back Pain. Hal ini terjadi karena posisi dokter gigi yang mengharuskan agak membungkuk ketik...
Yuk Cek Lagi Posisi Operator Terhadap Pasien
views 2137
Yuk buat teman sejawat bisa kembali dicek posisinya saat menjadi operator terhadap pasien. Jangan sampai gangguan-gangguan seperti Low Back Pain menye...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0