Ingin Gigi Kuat? Jangan Disikat Terlalu Keras dan Tidak Boleh Kering!

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

SEMUA orang ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat. Enamel merupakan pertahanan pertama melawan kerusakan gigi. Ini membantu melindungi gigi dari pembusukan. Jika enamel pada gigi terkikis, Anda akan berisiko mengalami gigi berlubang karena pertahanan enamel berkurang.

Untuk memperkuat enamel gigi, Tak hanya harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium. Anda juga bisa mengambil langkah sederhana untuk mempertahankan kesehatan gigi. Dilansir Okezone dari WebMD, inilah 7 tips untuk memperkuat gigi Anda.

1. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Bakteri di mulut Anda memakan gula dari makanan dan minuman. Kemudian mereka membuat asam, yang melunakkan dan menghilangkan enamel Anda. Permen kenyal yang menempel di gigi Anda juga bisa menyebabkan kerusakan. Minuman mengandung gula akan melunturkan enamel di gigi. Sebaiknya Anda minum air putih biasa untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

BACA : Infused Water Bukan Sahabat Gigimu

2. Makan Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium dalam makanan menahan asam di mulut Anda yang menyebabkan pembusukan. Ini juga membantu menjaga tulang dan gigi Anda tetap kuat. Menurut mantan Presiden Asosiasi Dokter Gigi Higienis Amerika Pamela L. Quinones, Susu, keju, dan produk susu lainnya membantu melindungi dan memperkuat enamel.

3. Hindari Over-Brushing

Menyikat gigi terlalu cepat dan keras akan membuat enamel di gigi Anda berkurang. Pegang sikat dengan bulu lembut sekitar sudut 45 derajat ke gusi Anda. Kemudian gerakkan itu maju dan mundur dengan gerakan pendek dan lembut. Tunggu hingga satu jam setelah makan permen atau buah jeruk sebelum Anda menyikat gigi. Makanan asam dapat melunakkan enamel dan dapat mempermudah Anda untuk merusak gigi.

4. Gunakan Fluorida

American Dental Association (ADA) menyebut fluoride “rongga rongga alam” karena memperkuat enamel Anda dan membantu memperbaiki tahap awal kerusakan gigi. Fluoride juga membuat gigi Anda lebih tahan terhadap asam yang berasal dari makanan dan dari bakteri di mulut Anda. ADA merekomendasikan pasta gigi berfluoride segera setelah gigi pertama muncul dan sepanjang hidup Anda. Membilas dengan obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga agar gigi tetap kuat.

BACA : Benarkah Fluoride Berbahaya?

5. Hindari Grinding Gigi

Grinding gigi adalah menggesekkan gigi atas dan bawah bersamaan. Beberapa orang gemar melakukan hal itu pada malam hari. Jika hal itu dilakukan terus menerus, itu bisa membuat enamel gigi berkurang. Periksakan ke dokter gigi untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

6. Dapatkan Pemeriksaan Reguler

Agar gigi Anda tetap kuat, kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan. Dia dapat menemukan tanda-tanda masalah, seperti gigi berlubang sebelum mereka melakukan banyak kerusakan. Dokter gigi Anda juga akan memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah fluoride yang tepat untuk mengeraskan dan melindungi enamel. Jika persediaan air Anda tidak berfluoride, tanyakan apakah Anda memerlukan suplemen fluoride, obat kumur, atau pelapis untuk gigi Anda.

7. Waspadai Mulut Kering

Air liur membantu membersihkan makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Itu juga melawan efek makanan yang bersifat asam. Minumlah air sesering mungkin agar mulut tetap bersih dan lembab. Jika Anda berolahraga keras, pastikan untuk rehidrasi selama dan setelah latihan Anda. Mengunyah permen karet tanpa gula atau mengisap permen keras tanpa gula juga dapat membantu menjaga air liur mengalir di mulut Anda.

Terima kasih

https://lifestyle.okezone.com

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.