GIGI PALSU ABAL-ABAL PENYEBAB KANKER

Gigi Palsu Abal-Abal Penyebab Kanker by : drg. Mirza Mangku Anom

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
29Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Kemarin saya bersama RS JIH live on air di RB Radio. Tema yg diangkat adalah bahayanya menggunakan gigi palsu abal-abal alias tidak dibuat secara benar dan sehat.

Apa sih yg dimaksud gigi palsu abal-abal?

Gigi palsu yg tidak memenuhi syarat gigi palsu yang benar dan sehat. Misalnya, gigi palsu lepasan yang dibuat menjadi gigi palsu permanen (tidak bisa dilepas), dibuat oleh selain dokter gigi.

SEMUA PEMBUATAN GIGI PALSU TIDAK ADA YG INSTAN ALIAS LANGSUNG DITEMPEL DIMULUT PASIEN, NAMUN HARUS MELALUI PROSES CETAK GIGI DAN KEMUDIAN DIBUAT DI CETAKAN GIGI TERSEBUT.

Bolehkah tukang gigi membuat gigi palsu?

Menurut permenkes no 39 tahun 2014 (Baca detail Aturan Tukang Gigi), tukang gigi harus terdaftar di pemerintah daerah setempat dan mendapat ijin 2 tahun. Tukang Gigi hanya BOLEH MEMBUAT GIGI PALSU LEPASAN YANG SUDAH TIDAK ADA SISA AKAR GIGI DIBAWAH GIGI PALSU.

Jadi sudah jelas, jika ada tukang gigi/ahli gigi/dll yang membuat gigi palsu mengaku permanen dan tidak bisa dilepas maka itu adalah kategori gigi palsu abal-abal.

Apalagi kalau sampe melayani penambalan, pencabutan, veneer, behel, dll. Udah pasti itu tukang gigi abal-abal juga.

Lalu apa bahayanya gigi palsu abal-abal?

Gigi palsu abal-abal akan membuat gusi menjadi memerah, berdarah, bengkak, dan bernanah serta bau. Pada awalnya akan muncul keluhan demikian, lama kelamaan pembengkakan tersebut bisa menjadi keganasan atau kanker. Ngeri sekali kan.

Apa saja jenis gigi palsu?

Secara garis besar, ada gigi palsu lepasan dan permanen. Perbedaannya, gigi palsu lepasan memiliki plat untuk menjadi dudukan bagi gigi palsu tersebut, sedangkan gigi palsu permanen tidak ada. Selain itu pula perbedaannya adalah pada jenis bahan yang dipakai.

Bagi yang masih menganggap gigi palsu yang sehat dan benar itu mahal, jangan khawatir karena BPJS menanggung pembuatan gigi palsu kok. Jangan pernah membahayakan kesehatan dengan menggunakan gigi palsu abal-abal.

“Kita buang uang, mereka buang sampah di mulut kita”.

Mohon maaf, edukasi kali ini agak pedes.
Karena masih sangat banyak masyarakat yg terjerumus dalam masalah gigi palsu abal-abal.
Apalagi behel dan veneer abal-abal, duh.

Silahkan bagi yg ingin share tulisan ini, karena ini adalah salah satu usaha kita untuk menyelamatkan masyakarat luas agar semakin sadar kesehatan

Salam Indonesia Sehat
drg. Mirza Mangku Anom

Berikan Komentar Disini

Artikel Terkait

Gusi Membesar Gara-Gara Cabut Di Tukang Gigi?
views 3542
Gambar ini admin dapatkan dari akun FB seorang dokter gigi dan menjadi bahan diskusi para teman sejawatnya. Perempuan ini mencabut 4 giginya di tu...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
29Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.