web tracker Veneer gigi: Macam, Prosedur, Kelebihan Dan Kekurangannya - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Veneer gigi: Macam, Prosedur, Kelebihan Dan Kekurangannya

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook238Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Saat ini Veneer Gigi sudah mulai popular di Indonesia dan menjadi bagian dari gaya hidup saat ini. Apa sih Veneer Gigi dan apa gunanya? Yuk simak info berikut ini.

Veneer gigi adalah lapisan tipis material yang ditempel permanen di permukaan gigi. Analogi mudahnya seperti pemasangan kuku palsu tapi di gigi. Tujuannya macam-macam:

  1. Untuk menutupi warna gigi yang kuning sehingga gigi jadi tampak putih bersinar
  2. Untuk menutup renggang antara 2 gigi
  3. Untuk memperbaiki gigi yang patah atau keropos
  4. Untuk meratakan posisi gigi yang sedikit ngga rapi
  5. Untuk memperbaiki bentuk gigi agar terlihat lebih baik

Veneer sendiri ada 2 macam:

  1. Direct Vener (Composite Veneer), veneer yang langsung dikerjakan dan dibentuk di gigi kamu dengan menggunakan bahan resin komposit. Veneer ini lebih ekonomis dan praktis karena dengan sekali kunjungan ke dokter gigi ahli estetis, veneer langsung terpasang hingga selesai. Kekurangannya adalah bahan composite mudah menyerap warna dan ketahanannya tidak selama yang porcelain.
  2. Indirect Veneer (Porcelain Veneer), veneer yang terbuat dari bahan porcelain. Veneer ini membutuhkan minimal 2x kunjungan ke dokter gigi. Yang pertama kali gigi dikecilkan dan dicetak. Veneer kemudian dibuat di Laboratorium minimal seminggu. Dan kunjungan keduanya, dipasang di gigi. Porcelain veneer lebih mahal dibandingkan composite veneer tapi ketahananannya lebih baik dan lebih stabil warnanya.
image from http://www.shinysmiledentalclinic.com
image from http://www.shinysmiledentalclinic.com

Biasanya untuk kamu-kamu yang ingin gigi putih maksimal, veneer bisa menjadi pilihan. Veneer lebih  unggul dlm hal predictability dibandingkan prosedur whitening gigi (bleaching gigi) karena kamu bisa memilih hasil warna akhir yang diinginkan.

Lain halnya dengan bleaching, respon gigi setelah dibleaching unpredictable dan bisa berbeda-beda antar individu. Dan biasanya hasil bleaching juga terlihat lebih natural dan ngga bisa seputih warna veneer.

Baca Juga ; Inilah Kelemahan Veneer Yang Wajib Diketahui Sebelum Memasang

Untuk memutuskan prosedur apa yang lebih tepat untuk mewujudkan senyum yang kamu inginkan, ada baiknya kamu berdiskusi dengan dokter gigi ahli estetis kamu.

Nah, bila kamu ingin veneer, tahapan yang perlu dilakukan biasanya cukup simple

1. Buat appointment dengan dokter gigi ahli estetis. Di Indonesia dokter yang berkompeten menangani adalah Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Dan Prosthodonsia yang mendalami bidang estetis.

2. Kunjungan pertama ke dokter gigi : Smile Analysis.

Biasanya di kunjungan ini kamu akan diajak berdiskusi oleh dokter kamu mengenai Konsep Senyum yang kamu inginkan, seperti: ingin putihkah? Ingin ratakah? Ingin bentuknya seperti gigi kelinci-kah? Derajat putih yang diharapkan? Berapa gigi yang perlu diveneer? Atau ada point2 yang kamu ingin ada di hasilnya. Nantinya, dokter akan memberi masukan-masukan untuk mewujudkan “smile” yang kamu inginkan.

Sometimes, ada prosedur yang namanya mock-up. Prosedur ini dilakukan bila kamu ingin tau kira-kira hasil akhir bentuk gigi yang akan diveneer. So, dokter gigi akan membuatkan model bentuk veneer di gigi untuk kamu coba dan visualisasikan sebelum gigi dikecilkan sehingga kamu bisa dapat gambaran hasil akhir yang akan diperoleh.

3. Bila kamu udah sepakat dengan dokter kamu mengenai tindakan yang akan dilakukan,persiapan veneer bisa dimulai. Pertama-tama, gigi kamu dikurangi ketebalannya sekitar 0.5 mm untuk tempat dipasangnya veneer. Ini tujuannya agar gigi tidak terlihat terlalu tebal atau maju setelah dipasang veneernya nanti.

4. Bila kamu memilih direct veneer, veneer akan langsung diaplikasikan di gigi kamu. Tapi bila kamu memilih porcelain veneer, gigi kamu kemudian akan dicetak dan dibuatkan veneer sementara. Minggu depannya baru kemudianveneer dipasang.

5. Pada kasus-kasus yang kompleks, ada kalanya perlu beberapa kali kunjungan dan trial sebelum porcelain veneer bisa dipasang.

Baca Juga : 5 Artis Habiskan Rp 98 Juta Untuk Veneer Gigi

Sumber tulisan :

http://www.audydental.com/

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Apa itu Veneer Gigi?
views 6297
Veneer gigi adalah prosedur kecantikan dari kedokteran gigi untuk membantu meningkatkan warna, bentuk, dan posisi gigi serta memperbaiki gigi yang gom...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook238Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0