invisible hit counter Mengapa Harus Menggunakan Veneer Gigi? - dental.id

Mengapa Harus Menggunakan Veneer Gigi?

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement
veneer gigi
Apakah senyum indah menawan dengan deretan gigi yang tersusun rapi dan putih cemerlang merupakan keinginan anda?
Tetapi perawatan orthodontik dengan pemasangan kawat gigi bukanlah pilihan anda, maka veneer gigi mungkin merupakan solusi yang tepat untuk mewujudkan keinginan anda tersebut.
Dengan veneer gigi, gigi-gigi yang kurang rapi dapat terlihat lebih rapi hanya dengan satu atau dua kunjungan saja ke dokter gigi.
Apa yang dimaksud dengan veneer gigi?
Veneer merupakan lapisan tipis dari bahan sewarna gigi yang direkatkan di atas permukaan email gigi dengan tujuan untuk memperbaiki estetika gigi.
Edukasi kali ini mengenai veneers… so bagi yang belum tau keajaiban ilmu kedokteran gigi yang satu ini silahkan baca lebih lanjut.
Veneer merupakan lapisan tipis porcelain pada gigi yang dilekatkan dengan resin luting. Keuntungan porcelain veneer dibandingkan mahkota porcelain-logam, mahkota selubung (jaket) adalah dipertahankannya struktur gigi.
Pada teknik ini, karena preparasi gigi dilakukan terbatas pada email bagian luar  saja, struktur gigi dipertahankan dan pulpa terlindung, oleh karena itu mengurangi gejala-gejala tidak nyaman seperti karies sekunder dan hipersensitivitas.
Veneer itu seperti make up di wajah yang bisa menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang dicapai tanpa merusak gigi asli anda atau dengan kata lain veneer sebenarnya menyempurnakan bentuk gigi anda yang rusak sehingga didapat “smile make over” yang kereeeen.
Berdasarkan bahan materialnya maka veneer gigi dibedakan menjadi veneer porselen dan veneer komposit.
Veneer porselen
Sesuai dengan namanya, maka veneer jenis ini terbuat dari material porselen dimana keunggulannya :
  • Lebih kuat dan tahan lama
  • Estetika lebih baik
  • Tidak mudah berubah warna
Veneer komposit
Veneer ini terbuat dari bahan komposit ( bahan tambalan sewarna gigi ), keunggulannya :
  • Permukaan email gigi yang diasah lebih sedikit
  • Dapat dibuat langsung di mulut pasien
  • Lebih mudah diperbaiki bila rusak
  • Lebih ekonomis
Akan tetapi terdapat kekurangannya :
  • Secara estetika tidak sebaik veneer porselen
  • Lebih mudah berubah warna
  • Tidak sekuat veneer porselen

Ceramic Veneer

Lumineer veneer (khusus modifikasi veneer yg satu ni lapisan veneers-nya paling tipisss) dibandingkan dengan bahan yang lain,hampir seperti kulit telur! dan tanpa preparasi!
Veneer gigi merupakan pilihan alternatif perawatan selain perawatan orthodontik ( kawat gigi ) untuk kondisi seperti berikut :
  • Gigi – gigi yang berjejal dengan derajat ringan
  • Celah antar gigi
  • Bentuk, ukuran dan warna gigi yang kurang ideal
  • Gigi yang berubah warna akibat konsumsi obat antibiotika golongan tetrasiklin
  • Diastema (ruang yang terdapat diantara dua buah gigi yang berdekatan yang terjadi karena ketidaksesuaian antara lengkung gigi dengan lengkung rahang. Misalnya ukuran rahangnya normal, tapi ukuran gigi nya kecil kecil…) tapi khusus ini ada cara lain yaitu pemasangan braces/kawat gigi sudah bisa dilakukan dengan beberapa syarat tertentu.
  • Gigi anda pendek… atau gigi insisif/seri anda lebih pendek dari saudara-saudara di sekitarnya sehingga ketika anda senyum orang malah kaburrr… karena bukan gigi yg menonjol tapi malah gusi anda (gummy smile) hehhehehe. upss bukan kok! maksudnya ketika anda senyum gigi anda tidak berada pada smile line yang tepat (posisi ujung gigi seri atas anda/insisal TIDAK mengikuti lengkung bibir bawah anda ketika senyum.
  • Karies yang meluas pada permukaan gig depan anda atau gigi anda… atau bisa juga dibilang penghancuran gigi yang disebabkan infeksi dan menghancurkan struktur gigi anda (bisa keropos diantara gigi dll. coba search di google).

Hasil yang cepat dengan susunan gigi yang rapi dan tampilan gigi yang lebih natural tanpa melakukan perawatan orthodontik ( pemasangan kawat gigi ), maka veneer gigi mungkin merupakan jawaban anda.

POSTING TERKAIT VENEER GIGI

VENEER GIGI: MACAM, PROSEDUR, KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

APA ITU VENEER GIGI?

5 ARTIS HABISKAN RP 98 JUTA UNTUK VENEER GIGI

Sumber tulisan :

http://kristinatann.blogspot.co.id

Sumber gambar :

www.audydental.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Sakit Gigi Bisa Jadi Penyebab Kanker. Waspadalah
views 609
Pakar kesehatan gigi dan mulut Rumah Sakit Gigi dan Mulut Royal Dental Hospital Drg Johanes Hendri SpBMhttp://kabarimbo.com/ MKes meminta masyarakat m...
Fakta : Cara Deteksi Diabetes Melalui Kesehatan Gi...
views 1343
Wajahnya mengernyit. Gusi Muhardjo (55 tahun) membengkak. Tak hanya itu, sudah beberapa waktu giginya mudah goyah. Terakhir, salah satu giginya pu...
drg Resza Rizky : di Pagi Hari Lebih Baik Sarapan ...
views 357
image from http://bontang.prokal.co/Kebiasaan yang berkembang di masyarakat,setelah bangun pagi harus sikat gigi dahulu baru kemudian sarapan. Ap...
Gusi Berdarah Setelah Menyikat Gigi? Bisa Jadi Gej...
views 330
Terdapat darah saat meludah setelah menyikat gigi? Hati-hati, kemungkinan Anda mengalami gingivitis. Meskipun mungkin tak terasa nyeri, namun jangan d...
3 Trauma Gigi Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai Oleh...
views 490
Pada anak usia 0-6 tahun, cedera daerah mulut merupakan cedera kedua tersering, mencapai 18 persen dari seluruh cedera tubuh. Di antara cedera mulut i...
Mucocele : Benjolan Pengganggu di Mulut Anak
views 2342
Masalah pada rongga mulut ternyata tidak hanya terbatas pada gigi. Sebagian masyarakat mungkin sudah banyak yang pernah mengalami benjolan di rongga m...
Ini Lho Efek Kalo Gigi Ompong Dibiarkan
views 445
Beberapa orang yang kehilangan gigi tetapnya mungkin malas membuat gigi tiruan. Bila gigi dibiarkan ompong, adakah dampaknya?"Kalau gigi ompong te...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

admin

Admin website http://dental.id

You may also like...