website statistics
Home > Berita > drg. Zaura Anggraeni : Jangan Remehkan Kami Yang Di Puskesmas, Kami Bukan Dokter “Buangan”

drg. Zaura Anggraeni : Jangan Remehkan Kami Yang Di Puskesmas, Kami Bukan Dokter “Buangan”

Ads
Advertisement

drg-zaura-anggraini

Kemampuan dokter gigi di puskesmas atau klinik layanan masyarakat kerap dipertanyakan mengingat harga berobat yang tergolong murah. Walau murah, kualitas dokter gigi tersebut tak kalah dengan dokter gigi yang bertugas di rumah sakit besar.

Don (42) kaget ketika menerima rincian biaya periksa gigi di puskesmas. Ia hanya perlu membayar 20 ribu rupiah untuk jasa dan obat. Jumlah ini tentu jauh di bawah perkiraan Don.

“Selama ini saya menganggap kalau kunjungan dokter gigi itu pasti menguras isi dompet. Ternyata periksa di puskesmas itu murah dan kualitasnya oke,” imbuh Don yang tinggal di wilayah Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Ahli kesehatan gigi, Drg Eva Fauziah Sp. KGA mengatakan kalau masyarakat tak perlu takut ‘dikerjai’ jika berobat ke puskesmas. Beragam masalah gigi yang ringan bisa ditangani di puskesmas.

Artikel Terkait Puskesmas

BISAKAH DOKTER GIGI MENJADI KEPALA PUSKESMAS?

PERNYATAAN SIKAP DIB TERKAIT PERNYATAAN DIREKTUR BPJS YANG MENDISKREDITKAN DOKTER PUSKESMAS SE-INDONESIA

STANDAR PELAYANAN GIGI DI PUSKESMAS

4.000 PUSKESMAS DI INDONESIA TAK PUNYA DOKTER GIGI. PELUANGKAH BAGI TEMAN SEJAWAT?

“Kami, para dokter gigi, memiliki standar. Jika masalahnya berat pasti akan dirujuk ke klinik atau rumah sakit yang memiliki alat lebih lengkap,” papar Eva usai Media Briefing Preliminary Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016 di Jakarta.

Anggapan lain yang harus diluruskan adalah para dokter gigi yang bertugas di puskesmas merupakan dokter magang atau ‘buangan’ dari rumah sakit besar. Hal ini dibantah oleh Eva yang juga Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Cabang Jakarta.

Secara terpisah, Drg. Zaura Anggraeni MDS menjelaskan kalau harga berobat yang murah itu dikarenakan puskesmas mendapat subsidi dari pemerintah. Semakin besar subsidinya, semakin murah biaya berobatnya.

“Jadi jangan kaget kalau tarif dokter gigi di puskesmas hanya sepuluh atau dua puluh ribu rupiah. Itu bukan berarti mereka dokter ‘buangan’ lho,” imbuh Drg. Zaura.

kontroversi bpjs

BANTAHAN KERAS (DIREKTUR BPJS SALAHKAN DOKTER PUSKESMAS. 71% HANYA PEGANG-PEGANG SAJA)

Sumber tulisan :

http://health.kompas.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Wagub Jatim : 152 Puskesmas Di Jawa Timur Belum Ad...
views 220
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) resmi berlaku awal 2016 lalu. Dalam rangkat meningkatkan daya saing dengan negara ASEAN lain, Indonesia terus berusaha ...
Standar Pelayanan Gigi Di Puskesmas
views 2485
Standar pelayanan gigi di puskesmas from Joni Iswanto
Bisakah Dokter Gigi Menjadi Kepala Puskesmas?
views 844
Penulis : Dezy SyukrawatiDokter Gigi Puskesmas Enok Indragiri Hilir RiauMenjadi orang tersisih dalam sebuah komunitas seperti diungkapkan dala...
Puskesmas Di Probolinggo : Sistem Administrasi Tan...
views 134
Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengembangkan layanan kesehatan berbasis IT di puskesmas yang berada di wilayahnya. Segala urusan administrasi dilaku...
Pungutan Liar Berkedok Akreditasi Puskesmas
views 564
BELASAN staf pegawai Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas Simalingkar, Medan, Sumut menyambangi Gedung DPRD Medan, Jalan Imam Bonjol, Medan, tempo ha...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id