website statistics
Home > Berita > (Update) Selain Cuma Belajar Lewat Youtube, Dokter Gigi Gadungan Ini Hanya Lulusan SMA

(Update) Selain Cuma Belajar Lewat Youtube, Dokter Gigi Gadungan Ini Hanya Lulusan SMA

Advertisement
Advertisement

Update – 23 September 2016

Polresta Pekanbaru menangkap dokter gigi gadungan yang sudah berpraktik selama dua tahun. Dokter gigi gadungan ini ternyata hanya lulusan SMA. Demikian disampaikan Kapolresta Pekanbaru Kombes Toni Hermawan dalam jumpa pers.

“Sejumlah barang bukti layaknya alat kesehatan dokter gigi kita sita dari tempat praktiknya. Sudah dua tahun dia membuka praktik yang memasang plang nama atas nama drg Robi,” kata Toni.

Toni menjelaskan, dokter gigi ‘ecek-ecek’ ini dalam praktiknya sudah menerima ratusan pasien. Ada pasien yang pasang cabut gigi, tambal gigi, sampai pemasangan behel.

“Jadi apa yang dilakukan tersangka ini dalam praktiknya sama seperti dokter gigi yang sebenarnya,” kata Toni.

Masih menurut Toni, tersangka ini hanya tamatan SMA. Sebelum buka praktik dokter gigi, tersangka sempat bekerja di toko elektronik. Belakangan, tersangka berinisiatif membuka praktik mengaku dokter gigi.

Masih keterangan tersangka kepada penyidik, lanjut Toni, tersangka awalnya mencari pasiennya lewat jaringan medsos. Harga yang ditawarkan kepada calon pelanggannya lebih murah.

“Dalam praktiknya tersangka juga mengenakan baju putih sebagai mana dokter pada umumnya,” kata Toni.

Dalam kasus ini, lanjut Toni, pihaknya menjerat tersangka dengan Pasal 77 junto 73 ayat (1) dan Pasal 73 ayat (2) Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang praktik kedokteran. Ancaman hukumannya 5 tahun penjara dengan denda Rp150 juta.

—————————————————————————————————————————————-

Artikel asli – 22 September 2016

Terungkapnya praktik dokter gigi spesialis ortodontis (kawat gigi)ilegal yang sudah berjalan kurun waktu dua tahun di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (21/9/2016) sore, bermula ketika pelaku RS alias Roby (23) membuat postingan di media sosial. RS (24) yang mengaku dokter gigi ternyata mendapat kepandaian setelah belajar dari Youtube.

“Karena lagi marak pemasangan behel tersangka kemudian belajar melalui Youtube cara pemasangan behel dan perawatan gigi. Setelah yakin, tersangka membuka praktik,” terang Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Arianto, Rabu (21/9/2016).

Untuk meyakinkan pasiennya, tersangka tersangka mengaku dokter gigi dan menambahkan atribut baju dinas berwarna putih dengan nama di sebelah kanan atas lengkap dengan titel dokter gigi.

Berjalan dua tahun akhirnya praktik ilegal RS terbongkar. Ia bahkan tidak berkutik dengan berbagai alasan dan pengakuan yang disampaikan.

“Awalnya, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) pusat mendapat informasi di facebook tentang praktik MR Behel Shop di Pekanbaru yang mengaku anggota PDGI, kita langsung cek ke sini (TKP),” kata Ketua PDGI Pekanbaru, Drg Chairul Sahri saat berbincang denganGoRiau.com di TKP, Rabu sore.

“Ternyata palsu dan tidak pernah terdaftar sebagai anggota kita (PDGI), Dia (Roby) juga mengaku alumni Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), setelah ditelusuri, tidak pernah terdaftar jadi mahasiswa di sana,” sambungnya.

Artikel Populer minggu ini :

drg. Pasri : Dari Perawat Gigi Menuju Dokter Gigi

Begini Tata Cara Perpanjangan STR

Apa Saja Sih Pelayanan Kesehatan Gigi Yang Ditanggung BPJS?

Soimah Dan 5 Artis Ini Habiskan Rp 98 Juta Demi Gigi Putih Dan Rapi

Selain itu RS juga mengaku praktik di salah satu Rumah Sakit di Pekanbaru dan semuanya terbantahkan.

Pada Rabu (21/9/2016) sore tempat prakteknya digeledah tim Reskrim Polresta Pekanbaru dan Persatuan Dokter Gigi Riau.

“Saat kita gerebek tadi, Dia (Roby) sedang membersihkan karang gigi pasiennya. Sementara ini, kita sudah amankan sejumlah barang bukti untuk kepentingan penyidikan,” tuturnya.

Pengungkapan praktek dokter gigi ilegal di Pekanbaru yang dilakoni RS berdasarkan temuan posting iklan di salah satu media sosial oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI).

Ketua PDGI Pekanbaru, Chairul Sahri menerangkan postingan iklan di medsos terkait pemasangan behel dan perawatan gigi oleh seseorang yang mengaku dokter gigi mendapat sorotan dan PB PDGI pusat.

Dari temuan itu kemudian PDGI Riau melakukan investigasi. Lewat under cover di cari tahu data dan fakta dokter yang membuka prakteknya di Jalan Surabaya, Kelurahan Tengkerang Selatan, Pekanbaru itu.

Penelusuran dilakukan sejak hari Senin. Setelah dipastikan tidak ada rekomendasi kesehatan alat praktek yang dipakai serta ditambah identitas dan runut pendidikan tidak jelas, investigasi dilanjutkan dengan penggeledahan berkoordinasi dengan Satreskrim Polresta Pekanbaru.

Dalam penggeledahan itu, disita atribut baju dinas warna putih yang tertera nama RS lengkap dengan titel dokter gigi.

Polisi juga membawa peralatan pembersih gigi dan berbagai dokumen serta spanduk dan banner yang tertera PersatuanDokter Gigi Indonesia.

“Kita akan terus memantau dan menginvestigasi tempat praktek serupa yang ada di Pekanbaru. Banyak masyarakat yang tidak memahami resiko jika perawatan gigi dilakukan oleh orang yang bukan pada bidangnya ilmunya,” terang Chairul.

image from http://ugm.ac.id
PROF SOEDIBYO : PASANG GIGI PALSU DI TUKANG GIGI SEPERTI PASANG RANJAU DI MULUT

Sumber tulisan :

  1. http://pekanbaru.tribunnews.com
  2. https://www.goriau.com
  3. http://news.detik.com

Sumber gambar :

  1. http://pekanbaru.tribunnews.com
Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Ini Lho Pasal-Pasal Terkait Kewenangan Tukang Gigi
views 634
POSTING TERKAIT TUKANG GIGI : Politisi PDIP : Desak Pemerintah Bebaskan Tukang Gigi Gusi Membesar Gara-Gara Cabut Di Tukang Gigi? MK: Tukang...
Ketua PDGI : Hanya 2 Ini Kewenangan Dari Tukang Gi...
views 1673
Keberadaan tukang gigi kini telah diakui oleh pemerintah untuk bekerja. Namun tentu saja tugas tukang gigi berbeda jauh dengan dokter gigi. Tukang gig...
23 Tukang Gigi Terjaring Razia Di Kebumen
views 609
Satpol PP Pemkab Kebumen merazia tukang gigi yang beroperasi atau membuka praktik di sejumlah tempat, Senin (31/10). Razia yang dibagi dua tim itu men...
Prof Soedibyo : Pasang Gigi Palsu Di Tukang Gigi S...
views 9520
image from http://ugm.ac.id Tenaga yang tidak mengetahui segala pengetahuan ilmiah mengenai kesehatan jaringan rongga mulut dapat fatal ji...
Bermodal Youtube, Nurul Buka Praktik Dokter Gigi D...
views 542
Internet merupakan wadah untuk mencari segala macam informasi yang kita tidak tahu. Kita bisa mencari informasi di internet melalui mesin pencari ...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id