Saliva Ejector Portable Pertama Buatan Indonesia

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Indonesia sebagai negara kepualauan terbesar, memiliki jutaan penduduk yang tersebar di ribuan pulau.

Berdasarkan data dari Konsil Kedokteran Indonesia, tercatat terdapat sekitar 35.000 dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, berjuang untuk memajukan kesehatan gigi dan mulut Indonesia.

Sayangnya, tenaga kesehatan gigi seringkali kesulitan dalam menangani pasien gigi di daerah pelosok yang minim fasilitas, padahal pekerjaan dokter gigi tidak bisa lepas dari dukungan peralatan yang memadai. Semua tindakan dalam kedokteran gigi selalu berkontak dengan saliva di rongga mulut.

Untuk memberikan lapang pandang yang baik serta menjaga sterilitas dan sifat bahan kedokteran gigi di rongga mulut, dibutuhkan evakuasi saliva, yang bergantung pada alat saliva ejector. Sementara ini, saliva ejector yang tersedia umumnya terintegrasi dengan kursi gigi, sehingga menyulitkan perawatan gigi di daerah yang tidak memiliki kursi gigi atau tidak memiliki listrik.

Dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, yaitu Yarabisa Yanuar dan Arief Zulfauzi, bersama dengan seorang dosen Fakultas Kedokteran Gigi, yaitu drg. Indra Bramanti, Sp.KGA, MSc., melakukan riset untuk membuat produk inovasi berupa saliva ejector yang bersifat portabel dan fleksibel buatan Indonesia, yaitu LIVE-JET.

Riset dan pengembangan LIVE-JET bermula dari ide Program Kreatifitas Mahasiswa beberapa tahun yang lalu, dan kini LIVE-JET telah terwujud dalam produk prototip yang hampir final dan siap dikomersilkan.

LIVE-JET merupakan saliva ejector dengan pompa bertekanan vakum 350 – 550 mmHg dan botol penampung mencapai 1 liter. LIVE-JET dilengkapi dengan baterai yang bertahan 2 hingga 6 jam yang dapat diisi daya kembali (rechargeable).

LIVE-JET juga dikemas dalam packaging yang menarik dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana saja. Selama riset, LIVE-JET hadir dalam beberapa varian produk yang selalu menyesuaikan dengan permintaan responden sehingga dapat menjadi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Produk LIVE-JET telah diujicobakan kepada beberapa dokter gigi, dokter gigi spesialis, dan mahasiswa profesi di berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Sukoharjo, dan Bali.

??

Produk LIVE-JET juga telah diujicobakan di berbagai kegiatan pengabdian masyarakat. Produk LIVE-JET juga turut serta dalam Inovasi Inovator Indonesia Expo 2019 di Jakarta Convention Hall, pada bulan Oktober lalu.

Inovasi saliva ejector LIVE-JET ini diharapkan mampu memantik pengembangan alat kesehatan gigi produksi lokal, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang kesehatan gigi untuk dapat menjangkau daerah pedalaman. LIVE-JET juga diharapkan mampu mendorongpertumbuhan ekonomi bangsa dengan menumbuhkan berbagai industri lokal yang berdaya saing global.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.