Review Buku Ortodonti Dasar Edisi 2

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

BELI DISINI

JudulPenulis

Penerbit

ISBN

Tahun Terbit

Tebal

: Ortodonti Dasar Edisi 2: Pambudi Rahardjo

: Airlangga University Press

: 978-602-8967-75-4

: 2016

: 212 Halaman

Reviewer : drg. Punta Adi Bawana

Ortodontik adalah salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari pertumbuhan, perkembangan, variasi wajah, rahang dan gigi serta perwatan perbaikannya untuk mencapai oklusi normal. Ilmu dasar dalam perawatan ortodontik menjadi sangat penting bagi dokter gigi umum maupun dokter gigi spesialis ortodonsi untuk memberikan perawatan yang tepat pada setiap pasien.

Sesuai dengan judul buku ini, yaitu Ortodonti Dasar, membahas terkait pengetahuan dasar yang harus dimiliki untuk memberikan perawatan ortodontik seperti; perkembangan rahang dan muka, perkembangan oklusi, perkembangan jaringan lunak, perubahan jaringan pada pergerakan gigi, maloklusi, etiologi maloklusi, macam-macam pengukuran sefalometri dan lainnya. Setiap bagiannya dijelaskan secara sistematis. Hanya saja beberapa bagian sulit dimengerti karena sedikitnya gambar yang membantu pemahaman pembaca, khususnya pada bagian kasus-kasus spesialistik yang sulit dipahami pembaca mahasiswa atau dokter gigi umum.

Beberapa bagian yang menurut saya menarik dibahas di buku ini adalah terkait bagaimana jaringan lunak berpengaruh dalam etiologi maloklusi dan keberhasilan perawatan, masa percepatan pertumbuhan (growth spurt), mekanisme perubahan jaringan pada pergerakan gigi dan panduan umum perawatan ortodontik fungsional.

Secara keseluruhan, buku ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa kedokteran gigi dan dokter gigi umum dalam memahami ortodontik sebagai asupan tambahan dari kuliah-kuliah orthodonsia.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.