website statistics
Home > Perawatan Gigi > Dokter Gigi Inggris : Percuma Kamu Gunakan “Dental Floss”

Dokter Gigi Inggris : Percuma Kamu Gunakan “Dental Floss”

Advertisement
Advertisement

Seorang dokter gigi berpengalaman asal Inggris, dr Ellie Phillips berpendapat, penggunaan dental floss (benang gigi) adalah hal yang percuma dan hanya buang-buang waktu. Pendapatnya itu dituangkan dalam bukunya yang berjudul Kiss Your Dentist Goodbye.

Penggunaan benang gigi ditujukan untuk membersihkan kotoran atau makanan di sela-sela gigi, supaya tidak menumpuk dan menyebabkan masalah, terutama gigi berlubang.

Namun, menurut dr Phillips, itu tidak benar. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi tak akan mencegah gigi berlubang. Ia lebih menyarankan untuk berkumur menggunakan mouthwash (cairan kumur untuk membersihkan mulut). BACA JUGA : drg. Udijanto : Ada Bahaya Tersembunyi Jika Sering Menggunakan Mouthwash

Dr Phillips menyarankan untuk menggunakan 3 jenis mouthwash untuk menjaga kesehatan gigi.

Pertama, ia menyarankan menggunakan satu merek mouthwash tertentu, yakni Ultradex, yang mengandung chlorine dioxide, menurutnya, obat kumur ini terbukti menghilangkan bakteri pada mulut.

Menurut dr Phillips, jenis obat kumur ini lebih tepat digunakan usai makan. Karena, selama ini, ada banyak orang yang langsung menyikat gigi setelah makan. Tindakan ini sangat tidak disarankan karena justru bisa membuat gigi lemah dan rapuh.

Kedua, ia menyarankan berkumur dengan obat kumur merek Listerine setiap usai menyikat gigi. Merek ini menurut dr Phillips, baik untuk memastikan kebersihan mulut.

Lalu, ketiga, ia menyarankan jenis cairan berkumur bernama Fluorigard, yang memberikan tambahan zat untuk menguatkan dan mencegah gigi berlubang.

Terkait benang pembersih sela gigi, memang belum ada penelitian yang mengatakan tindakan ini bisa mencegah gigi berlubang untuk jangka panjang.

Hanya ada 1 studi yang mengatakan penggunaan benang gigi memang benar bermanfaat. Namun, studi ini melibatkan anak-anak membersihkan sela-sela giginya dengan dental floss dibantu oleh tenaga medis, 5 hari dalam seminggu selama 2 tahun.

Di luar negeri, kebiasaan membersihkan sela gigi dengan benang khusus ini sudah didengungkan selama 2 dekade belakangan oleh para dokter gigi, namun, hasil survei mengatakan, kurang dari 5 persen populasi di AS yang benar-benar melakukannya. BACA JUGA : Apa Itu Dental Floss? Apa Manfaat Dental Floss?

Karena itu, sebagian dokter berargumen, kebanyakan orang salah dalam melakukan tindakan membersihkan sela gigi dengan benang khusus inilah yang membuat kesan, tindakan ini tidak bermanfaat sama sekali.

Cara membersihkan sela gigi yang benar adalah dengan menyelipkan benang khusus itu dan menggosokkan perlahan ke sisi-sisi gigi. Bentuk benangnya, saat dipegang di depan dan belakang gigi, mirip huruf C.

Walau belum banyak penelitian yang menunjukkan membersihkan gigi dengan dental floss benar-benar bermanfaat, tak ada pula yang mengatakan, tindakan ini berbahaya untuk kesehatan, malah bila dipikir secara logika, justru baik untuk kesehatan.

Terima kasih

http://www.beritasatu.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Apa Itu Dental Floss? Apa Manfaat Dental Floss?
views 7727
Dental floss atau benang gigi sudah lama dikenal oleh masyarakat, tapi tidak semua lapisan masyarakat mengenalnya. Flossing adalah kegiatan members...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id