website statistics
Home > Perawatan Gigi > Apa Itu Dental Floss? Apa Manfaat Dental Floss?

Apa Itu Dental Floss? Apa Manfaat Dental Floss?

Ads
Advertisement

Dental floss atau benang gigi sudah lama dikenal oleh masyarakat, tapi tidak semua lapisan masyarakat mengenalnya.

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss. Meski banyak orang mengetahui teknik membersihkan gigi ini, namun masih jarang yang melakukannya. Melakukan flossing dianggap sebagai hal yang tak perlu dan hanya membuang-buang waktu atau tenaga.

Sedangkan dental floss adalah alat yang digunakan untuk membersihkan sisa kotoran, sisa makanan di sela sela gigi, fungsinya hampir sama dengan tusuk gigi, tapi ada keuntungan lebih yang akan kita dapatkan jika kita memakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi kita.

Baca Juga :

Sikat gigi saja tentu tidak akan menyelesaikan masalah, mungkin kita akan butuh benang gigi, apalagi bagi yang sering pake alat yang namanya tusuk gigi, kebanyakan dokter gigi sangat tidak menganjurkannya, ada banyak kerugian saat kita memakai tusuk gigi, seperti gusi akan menjadi berdarah karena tertusuk, rusaknya jaringan gusi yang ada di sela-sela gigi dan akhirnya jadi semakin lebar area sela-sela gigi, dan makanan akan jadi sering masuk ke situ.

image from hariansehat.com
image from hariansehat.com

Bagaimana cara menggunakan benang gigi?

Sangatlah mudah menggunakan benda kecil ini, lilitkan pada jari telunjuk kanan pada satu bagian,lilitkan juga pada jari yang kiri, kemudian udah bisa dipakai. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang yang kita tarik antara jari kiri dan kanan, jangan terlalu lebar, sesuaikan ukuran mulut kita,awalnya memang agak sulit tapi lama-lama akan sebanding dengan keuntungan yang kita dapat dari memakai benang gigi ini untuk kesehatan gigi kita.

Apa Manfaat Dental Floss?

1. Mencegah terbentuknya tartar
Ketika sisa makanan menempel dan menumpuk pada gigi, biasanya kita akan menyebutnya sebagai plak. Namun ketika plak tak segera dihilangkan dari gigi, biasanya plak akan semakin menumpuk dan mengeras. Inilah yang disebut dengan tartar. Tartar lebih sulit untuk dihilangkan karena keras dan sudah menumpuk lama. Tartar juga seringkali menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis. Melakukan flossing adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan plak dan mencegah terbentuknya tartar yang terlewatkan oleh sikat gigi.

2. Mencegah gigi berlubang
Makanan yang menempel pada gigi atau di antara sela gigi adalah alasan terbesar gigi bisa berlubang. Melakukan flossing untuk menghilangkan makanan tersebut akan membantu mencegah sisa makanan menempel dan mencegah gigi berlubang.

3. Mencegah bau mulut
Ketika makanan tersisa di sekitar gigi, makanan akan membusuk dan bisa menyebabkan bau tak sedap. Ini adalah salah satu alasan seseorang memiliki bau napas yang tak sedap. Melakukan flossing akan membantu membersihkan sela-sela gigi dari makanan sisa, sehingga tak menyebabkan bau mulut.

4. Mencegah penyakit lainnya
Kesehatan mulut dan gigi juga seringkali berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bakteri yang terbentuk pada mulut Anda bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan lainnya. Pada tahun 2003, CDC (Centres for Disease Control and Prevention) merekomendasikan semua orang untuk mengawasi kesehatan gigi dan mulut mereka karena bisa memicu penyakit lain dalam tubuh secara sistemik.

Itulah arti dental floss dan manfaat penting melakukan flossing untuk kesehatan gigi. Tak hanya untuk gigi, flossing juga penting untuk mencegah penyakit tubuh lainnya, serta membantu Anda menghilangkan bau mulut. Jangan lagi ragu untuk melakukan flossing, terutama setelah menggosok gigi.

Baca Juga : Soimah Dan 5 Artis Ini Habiskan Rp 98 Juta Demi Gigi Putih Dan Rapi

Sumber tulisan :

 

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Dokter Gigi Inggris : Percuma Kamu Gunakan “...
views 128
Seorang dokter gigi berpengalaman asal Inggris, dr Ellie Phillips berpendapat, penggunaan dental floss (benang gigi) adalah hal yang percuma dan hanya...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id