web tracker BPJS Tidak Menanggung Penyakit Karena Rokok - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

BPJS Tidak Menanggung Penyakit Karena Rokok

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook75Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Meskipun BPJS Kesehatan menyebutkan menanggung semua penyakit, nantinya bakal ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung dalam program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Penyakit itu adalah yang berkaitan dengan rokok.

Seperti disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana Kemenko Kesra, Dr. Emil Agustiono bahwa saat ini pemerintah sedang menyusun peraturan perundangan terkait penyakit akibat rokok.

“Sebenarnya penyakit terkait rokok sudah dijelaskan nggak masuk ditanggung dalam JKN. Dalam salah satu keterangan bahkan disebutkan bahwa yang tidak ditangung oleh BPJS Kesehatan adalah gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri. Perokok itu termasuk di dalamnya,” kata Emil saat acara Forum Stop TB Partnership di Hotel Sultan, Jakarta, ditulis Selasa (4/3/2014).

Emil menjelaskan, perokok itu adalah kegiatan menzolimi diri sendiri. Dan kalau ada peserta BPJS Kesehatan yang merupakan perokok pasif pun, nanti ada buku panduan yang dibuat oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan juga Kementerian Kesehatan terkait hal tersebut untuk digunakan oleh tenaga medis.

“Nanti akan ada buku panduan dan dokter tinggal minta keterangan pasien seperti Anda perokok atau bukan, ada perokok di sekitar Anda atau tidak dan penyakit-penyakit terkait rokok juga nanti ada di situ termasuk gejala terpapar rokok,” jelasnya.

Menurut Emil, bila peraturan tersebut telah rampung, nanti perokok tidak akan dicoveroleh APBN maupun BPJS Kesehatan. Japi jika perokok mau ditanggung kesehatannya, harus ada asuransi komersil.

“Jadi asuransi komersil itu yang bayar adalah yang beli rokok. Duitnya sudah termasuk harga rokok, jadi nggak ada yang keberatan,” ungkap Emil.

Baca Juga : Terkena Baju Ayah Perokok, Bayi Malang Ini Meninggal

Sumber :

http://health.liputan6.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Terkena Baju Ayah Perokok, Bayi Malang Ini Meningg...
views 723
Jangankan menghirup asap rokok, menghirup residu atau endapan racun dari asap rokok juga berbahaya bagi anak. Seorang mantan perokok aktif mengaku tel...
Hati-Hati Berkendara Di Belakang Pengendara Peroko...
views 39
Merokok saja sudah berbahaya untuk kesehatan, apalagi bila dilakukan sambil berkendara di atas sepeda motor. Terpaan angin yang kencang dapat meniup b...
Penelitian Ini Menjelaskan Rokok Sebabkan Gigi Ber...
views 110
Dalam disertasinya yang dibuat untuk meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia, Wasis Sumartono menemukan fa...
14 Masalah Mulut Karena Anda Seorang Perokok
views 272
Merokok sudah merupakan hal yang biasa kita jumpai dimana-mana di dunia. Kebiasaan ini sudah begitu luas dilakukan baik dalam lingkungan berpendidikan...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook75Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Tags: