Harga Atau Biaya Tambal Gigi Di Puskemas Tanpa BPJS - Dental ID
Dental ID
Home Perawatan Gigi Harga Atau Biaya Tambal Gigi Di Puskemas Tanpa BPJS

Harga Atau Biaya Tambal Gigi Di Puskemas Tanpa BPJS

Masalah penyakit seperti gigi berlubang banyak terjadi di masyarakat. Orang-orang biasanya enggan menambal gigi berlubang karena harganya mahal atau sekadar malas periksa ke dokter. Biasanya mereka juga memilih untuk membiarkan gigi tetap berlubang begitu saja.

Padahal gigi patah atau gigi berlubang tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Parahnya lagi, jika kondisi ini dibiarkan tanpa perawatan bisa menimbulkan risiko gigi tanggal.

Oleh karena itu, kondisi gigi patah atau gigi berlubang harus segera diatasi dengan prosedur tambal gigi. Apakah kamu hendak melakukan prosedur ini? Jika iya, carilah cara agar mendapatkan biaya tambal gigi berlubang yang murah.

Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan fasilitas tambal gigi gratis, salah satunya dengan BPJS. Tambal gigi juga dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti puskesmas, klinik, ataupun rumah sakit. Pastinya, fasilitas kesehatan tersebut memiliki kebijakan tersendiri terkait harga.

Nah, sebelum mengetahui biaya tambal gigi berlubang, lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu tambal gigi.

Apa itu tambal gigi?

Mungkin sebagian besar orang sudah tidak asing dengan istilah tambal gigi. Namun, apa sebenarnya tambal gigi itu? Tambal gigi adalah prosedur medis untuk menangani gigi berlubang atau gigi rusak dengan tujuan mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan. Gigi yang rusak itu, kemudian diatasi dengan memberikan tambalan.

Tambalan tersebut diisi dengan beberapa bahan. Seperti, amalgam, ionomer kaca, ionomer resin, porselen, komposit, hingga emas kuning. Setiap bahan untuk tambal gigi tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ketika kamu ingin tambal gigi, bahan tambalan harus sesuai dengan anjuran dokter.

Baca  Wajah Keliatan Peot ketika Tua? Ini Penyebabnya?

Apa tujuan perawatan tambal gigi?

Prosedur tambal gigi memiliki beberapa tujuan dan manfaat, seperti:

1. Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan

2. Mengurangi jumlah bakteri aktif dalam mulut

3. Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi

4. Mempertahankan bentuk tulang rahang dan kontur wajah

5. Memperbaiki gigi yang retak, patah, atau terkisis

Apa saja Prosedur Tambal Gigi?

Ketika ingin tambal gigi, tentunya kamu perlu pergi ke dokter gigi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai gigi yang berlubang, proses tambalan gigi, dan juga bahan yang digunakan untuk menambal gigi. Sebagai pasien, kamu pun perlu mengetahui prosedur tambal gigi sehingga tidak ada ketakutan atau kecemasan sebelum melakukan tindakan.

Ada beberapa tahapan tambal gigi yang penting untuk diketahui.

  1. Awalnya dokter membersihkan terlebih dahulu gigi yang berlubang.
  2. Kemudian, dokter mengoleskan bahan perekat tambalan.
  3. Dokter pun akan memasukkan bahan tambal pada gigi berlubang.
  4. Setelah itu, dokter akan melakukan tes gigitan.
  5. Dari proses tes gigit tersebut, tambal gigi pun sudah selesai.

Proses tersebut akan berlangsung sekitar 1 jam. Namun, tetap tergantung pada jenis tambalan dan kondisi gigimu. Jika, semakin banyak gigi yang ditambal atau semakin rumit kasus gigi berlubangmu, maka waktu yang diperlukan pun akan semakin lama.

Berapa harga atau biaya tambal gigi di puskesmas dan rumah sakit?

Biaya tambal gigi bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan gigi, jenis bahan tambalan yang digunakan, hingga lokasi fasilitas kesehatan gigi yang dipilih. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar biaya tambal gigi di Puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca  Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Ditambal

Harga atau Biaya tambal gigi di Puskesmas

Biaya tambal tambal gigi di Puskesmas biasanya berkisar Rp30.000,-.per gigi. Sedangkan, untuk biaya tambal gigi permanen, biasanya mencapai Rp100.000,-. per gigi.

Jika kamu memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan tambal gigi secara gratis. Pasalnya, tambal gigi merupakan jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Adapun tambal gigi yang dijamin oleh BPJS Kesehatan menggunakan bahan glass ionomer cement (GIC) atau bahan resin komposit.

Baca selengkapnya : Tambal Gigi Ditanggung BPJS? Berapa Lama Tambal Gigi Harus Diganti?

Harga atau Biaya tambal gigi di klinik dan rumah sakit

Biaya tambal gigi di klinik atau rumah sakit sangat bervariasi. Pada kondisi lubang yang paling ringan, dokter biasanya menggunakan bahan tambal yang lebih terjangkau dengan biaya tambal gigi berkisar Rp150.000,-. hingga Rp300.000,-. per gigi.

Pada kasus gigi berlubang yang tingkat keparahannya sedang, biaya tambal gigi yang perlu dikeluarkan berkisar Rp400.000,-. hingga Rp600.000,-. per gigi. Sedangkan pada kasus gigi berlubang yang parah, biaya tambal gigi bisa mencapai Rp700.000,-. hingga Rp1.000.000,-. per gigi.

Selain bergantung dari tingkat keparahan lubang gigi, harga tambal gigi juga bisa bergantung dari bahan yang digunakan. Sehingga, kamu bisa menentukan rendah atau tingginya biaya prosedur tambal gigi.

Bagaimana cara merawat tambalan gigi?

Untuk merawat tambalan gigi berlubang ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan diantaranya:

1. Rajin menggosok gigi dua kali sehari.

2. Jangan lupa untuk membersihkan bekas makanan yang menempel di sela-sela gigi.

3. Hindari menggigit atau mengunyah makanan yang terlalu keras.

4. Beberapa minuman seperti kopi, teh atau minuman beralkohol sebaiknya dihindari karena dapat menodai tambalan pada gigi.

Baca  Wajib Diperhatikan : Ini Akibatnya Jika Malas Cek ke Dokter Gigi Minimal 6 Bulan Sekali

5. Mengontrol asupan makanan dan juga minuman yang memiliki rasa manis.

Promo tambal gigi

Sekarang ada kabar gembira dimana kita bisa memilih promo tambal gigi yang sesuai dengan lokasi dan kantong kita.

Caranya sangat mudah

  1. Klik Promo Tambal Gigi
  2. Pilih Klinik
  3. Hubungi klinik

Sumber :

1. https://www.rata.id/

2. https://www.cermati.com/

3. https://nakita.grid.id/

Iklan dipersembahkan oleh Google
(Visited 10,898 times, 88 visits today)

Comment
Share:

Ad