Suntikan Bius Saat Perawatan Gigi

Saat Anda pergi ke dokter gigi dan melakukan beberapa prosedur medis seperti cabut gigi, dokter akan memberikan suntikan bius lokal.

Suntik yang dimaksud sebelum melakukan pencabutan gigi tersebut merupakan suntik anestesi atau suntik bius untuk mengurangi rasa nyeri pada saat tindakan. Penyuntikan tersebut umumnya dilakukan sebelum tindakan dan lokasi penyuntikan bergantung pada gigi yang akan dicabut.

Mengenai dosis suntikan bergantung dari berat badan dan umumnya disuntik sebanyak satu kali. Namun apabila setelah dibius masih terasa, maka dosis dapat ditambahkan hingga dosis maksimal sehingga dapat disuntik kembali. Mengenai lokasi penyuntikan untuk bius cabut gigi tersebut berada di gusi sekitar gigi yang akan dicabut.

Umumnya, obat bius yang diberikan adalah Novocaine karena menimbulkan efek yang paling pendek.

Ada pertanyaan berapa lama bius gigi akan hilang?

Efek bius setelah cabut gigi yang satu ini akan berlangsung selama 30 sampai 60 menit. Namun, jika Novocaine diberikan bersamaan dengan epinefrin atau dikenal juga sebagai adrenalin efeknya bisa lebih lama yaitu sekitar 90 menit.

Akan tetapi, sebenarnya efek mati rasa akibat Novocaine ini tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis prosedur yang dilakukan, area yang perlu dimatikan sensasi rasanya, dan jumlah saraf yang perlu diblokir.

Apakah semua perawatan gigi menggunakan suntikan bius?

Tentu saja tidak dan dokter akan melihat dari sisi kondisi gigi serta kondisi pasien.

Misal jika lubang sudah cukup dalam, atau pasien memiliki batas toleransi nyeri yang sangat rendah, atau pasien tidak kooperatif, mungkin dokter gigi akan melakukan pembiusan agar pasien merasa nyaman dan dokter dapat melaksanakan prosedur dengan tenang.

Sebaiknya sebelum tindakan dapat menanyakan terlebih dahulu ke dokter gigi mengenai prosedur tindakan yang akan dilakukan.

Sumber :

1. https://www.alodokter.com/

2. https://hellosehat.com/

3. https://www.alodokter.com/

(Visited 224 times, 1 visits today)