Bracket Atau Karet Behel Tertelan Harus Gimana? - Dental ID
Dental ID
Home Perawatan Gigi Bracket Atau Karet Behel Tertelan Harus Gimana?

Bracket Atau Karet Behel Tertelan Harus Gimana?

Behel atau kawat gigi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki posisi gigi atau mengatasi masalah gigi serta mulut. Umumnya, di awal pemasangan kawat gigi, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Mulai dari nyeri pada mulut hingga kesulitan mengunyah makan.

Kamu juga perlu memperhatikan perawatan gigi dan jenis makanan yang dikonsumsi saat menggunakan behel. Salah merawat dan mengonsumsi makanan berisiko menyebabkan bracket behel terlepas dan sampai tertelan? Apakah hal ini akan menimbulkan bahaya? Sebelum Anda panik, simak dulu penjelasannya berikut ini.

Bracket dan karet yang tidak sengaja tertelan memang jarang terjadi. Biasanya, seorang pengguna kawat gigi akan menyadari ketika ada yang berbeda pada behelnya.

Bila sampai ke lidah, kebanyakan orang akan merasakannya dan langsung mengeluarkannya dari mulut.

Meski demikian, insiden 2 benda itu tertelan bukanlah hal yang mustahil. Apalagi mengingat ukurannya yang kecil, bisa saja Anda tidak menyadari ada bracket dan karet yang lepas dan tertelan bersama makanan atau minuman.

Jika Anda mengalaminya, jangan terlalu khawatir.

Benda ini tidak akan terurai, namun juga tidak akan tetap berada di saluran pencernaan Anda. Yang artinya, cepat atau lambat ia akan keluar bersama dengan tinja. Jadi tidak ada hal khusus yang perlu Anda lakukan terhadap ini, karena dengan ukuran dan bentuknya, benda tersebut tidak memiliki masalah untuk melewati saluran pencernaan.

JIKA BRACKET ATAU KARET TERTELAN JANGAN PANIK

KONSULTASIKAN LANGSUNG KE SENYUM.ASIA (GRATIS SELAMANYA)

Apa yang harus dilakukan bila bracket atau karet tertelan?

Tetaplah tenang sembari waspada dengan kondisi tubuh sendiri. Bila setelah berjam-jam kemudian Anda tidak merasakan gejala apa pun, kemungkinan bracket atau karet sudah terbawa sisa-sisa pencernaan.

Baca  Ternyata Naik Pesawat Lebih Bahaya dari Foto Ronsen Gigi

Yang perlu Anda segera lakukan adalah menentukan kapan kontrol berikutnya ke dokter gigi, agar lepasnya bracket tersebut tidak mengganggu proses perbaikan susunan gigi Anda. Kemudian kedepannya lebih berhati-hati ketika makan, dan tanyakan pada dokter gigi apa saja yang harus Anda hindari agar bracketnya tidak mudah lepas. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

Bagaimana mencegah bracket atau karet lepas?

Walau tidak tertelan, masalah bracket atau karet yang lepas tentu terasa merepotkan. Terutama bila keduanya lepas tidak lama setelah Anda melakukan kontrol ke dokter gigi. Mau tak mau, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya.

Maka dari itu, lebih baik jaga kondisi kawat gigi Anda dengan langkah-langkah berikut.

1. Hindari makanan yang manis dan keras

Makanan manis yang lengket dan keras seperti permen, karamel, dan popcorn mudah terselip di antara bracket. Salah-salah menggigit, bracket juga bisa lepas.

2. Konsumsi makanan yang mudah dikunyah

Pilihlah makanan dengan tekstur yang lebih lunak agar lebih mudah dikunyah, seperti bubur, yoghurt, sup, dan telur.

Bila ingin makan makanan yang teksturnya lebih keras atau kenyal, siasati dengan memotong makanan menjadi bagian-bagian kecil.

3. Jaga kebersihan gigi dan kawat gigi setiap hari

Perawatan gigi untuk pengguna behel sangat penting untuk menjaga kondisi bracket. Rutinlah sikat gigi setidaknya dua kali sehari, lalu gunakan benang gigi untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di behel.

Terkadang, bracket bisa lepas karena lem perekat yang kurang kuat. Pastikan Anda selalu memerhatikan kondisi behel Anda.

Jika ada salah satu bracket yang mulai terasa longgar, segera hubungi dokter gigi untuk memperbaikinya. Anda bisa buat janji dengan dokter gigi di penyedia layanan ortodontik di sekitar rumah Anda.

Baca  Masih Sering Pakai Tusuk Gigi? Waspada Resikonya!

Sumber :

1. https://hellosehat.com/gigi-mulut/ortodonti/bracket-behel-tertelan/

2. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bagaimana-solusi-bracket-behel-yang-tertelan-

3. https://www.halodoc.com/artikel/bracket-behel-terlepas-apa-tindakan-yang-harus-dilakukan

4. https://akcdn.detik.net.id/

Iklan dipersembahkan oleh Google
(Visited 2,967 times, 4 visits today)

Comment
Share:

Ad