Apakah Tambal Gigi Ditanggung BPJS? Berapa Biaya Tambal Gigi Tanpa BPJS?

Tambal gigi adalah metode perawatan yang paling umum untuk membantu memperbaiki gigi rusak atau berlubang dengan tujuan mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan. Nantinya gigi berlubang akan diisi oleh bahan tambalan supaya lubang dapat kembali tertutup.
Dikutip dari U.S National Institute of Dental and Craniofacial Research, metode tambal gigi bisa membantu mencegah kerusakan lebih lanjut sehingga gigi berfungsi normal kembali.
Sebelum ditindak, pasien akan diperiksa terlebih dulu kondisi giginya. Proses penambalan gigi membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga 1 jam sesuai tingkat keparahan.

Untuk melakukan tambal gigi di Puskesmas, biasanya kamu akan dikenakan biaya Rp30.000 per gigi. Sedangkan untuk tambal gigi permanen, biasanya mencapai Rp100.000 per gigi.

BPJS Kesehatan menanggung tambal gigi dalam batas tertentu.

Ada beberapa jenis tambal gigi yang ditanggung oleh BPJS, termasuk tambal gigi sementara, tambal gigi permanen, dan kawat gigi.  Jenis-jenis bahan untuk tambal gigi juga ada banyak seperti tambalan warna perak, emas, ionomer kaca, porselen, serta komposit.

Akan tetapi, jenis yang biasa digunakan dan ditanggung BPJS Kesehatan adalah bahan resin komposit atau bahan glass ionomer cement (GIC).

Tambalan GIC atau komposit ini merupakan campuran dari partikel kaca atau kuarsa serta resin akrilik. Bahan tersebut terbilang tahan lama jika dibanding logam.

Untuk bahan tambalan komposit waktu pemakaiannya dapat bertahan sekitar 5 tahun, bahkan ada yang sampai 10 tahun.

Namun, ada beberapa jenis tambal gigi yang tidak ditanggung oleh BPJS, seperti tambal gigi estetik atau tambal gigi yang dibuat dari bahan yang lebih mahal.

Untuk mengetahui jenis tambal gigi yang ditanggung oleh BPJS, Anda dapat mengecek dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS atau menghubungi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Terbaru 2023 : Ini 9 Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS Dan 5 Perawatan Yang TIDAK Ditanggung BPJS

Berapa kali batas tambal gigi BPJS Kesehatan? Selama kondisi gigi berlubang yang butuh ditambal memenuhi indikasi medis, maka tindakan ini tidak memiliki patokan.

Akan tetapi, tindakan tambal gigi memang tidak dapat dilakukan sembarangan, khususnya jika atas permintaan sendiri.

Peserta BPJS Kesehatan disarankan melakukan pemeriksaan awal ke faskes tingkat I. Apabila hasil pemeriksaan memungkinkan giginya untuk ditambal, nanti akan diberi surat rujukan.

Berapa Biaya Tambal Gigi?

Tambal gigi di klinik atau rumah sakit secara mandiri tanpa BPJS Kesehatan umumnya dikenakan biaya sekitar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu untuk satu gigi dengan kondisi ringan.

Sementara kondisi gigi berlubang yang tingkat keparahannya sedang, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp400 ribu hingga Rp600 ribu per gigi.

Apabila keadaan gigi sudah masuk kategori kasus parah, biaya perawatannya antara Rp700 ribu hingga Rp1 juta per gigi.

Sumber :

1. https://lifepal.co.id/media/biaya-tambal-gigi/

2. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220803132934-83-829760/berapa-kali-batas-tambal-gigi-bpjs-kesehatan

(Visited 282 times, 3 visits today)