web tracker Waspada : Ribuan Orang Kemungkinan Tertular HIV dari Klinik Gigi - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Waspada : Ribuan Orang Kemungkinan Tertular HIV dari Klinik Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Hampir 11.000 pasien klinik gigi di Australia dikhawatirkan tertular HIV dan hepatitis karena alat-alat yang kurang steril di klinik tersebut. Ribuan pasien tersebut diminta untuk segera menemui dokter.

Pejabat kesehatan di New South Wales mengatakan 12 dokter gigi dari empat klinik didakwa akibat kebersihan yang kurang baik dan peralatan yang kurang steril. Pasien yang pernah ditangani oleh para dokter gigi tersebut diminta untuk melakukan tes HIV dan Hepatitis A,B, dan C, sebagai tindakan pencegahan.

Meski sampai saat ini belum ditemukan kasus dan kemungkinan penularannya rendah, tapi tetap ada kekhawatiran pada pasien yang melakukan prosedur invasif.

“Penting untuk menekankan bahwa sejauh ini tidak ada bukti infeksi dan penularan, tapi para pakar mengingatkan bahaya penularan dari fasilitas klinik itu,” kata Jeremy McAnulty direktur pencegahan penyakit di New South Wales.

Kecemasan muncul karena alat-alat yang dipakai tidak dibersihkan dan disterilkan dengan benar sehingga ada kemungkinan penularan penyakit melalui gusi.

Ketakutan tertular penyakit ini pertama kali muncul dari keluhan salah satu pasien yang melakukan tindakan pemasangan kawat gigi di klinik pada November 2014.

Hasil audit menunjukkan ada masalah pada proses pembersihan, sterilisasi, dan penyimpanan alat-alat kedokteran yang tidak sesuai dengan standar.

Sejauh ini 6 dokter gigi telah dilarang berpraktik dan 6 orang dokter lainnya mungkin dicabut lisensinya.

Sumber tulisan dan gambar :

http://health.kompas.com/

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Hati-Hati 3 Dokter Gigi Ini Tertular AIDS Dari Pas...
views 10856
Profesi dokter gigi rentan tertular penyakit yang diidap pasiennya. Termasuk virus mematikan HIV/AIDS. Tiga dokter gigi di Surabaya dilaporkan tertula...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0