website statistics
Home > Video > (Video) Sudah Benarkah Cara Sikat Gigimu?

(Video) Sudah Benarkah Cara Sikat Gigimu?

Advertisement
Advertisement


Data Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) Depkes RI 2007 menyatakan bahwa angka penyakit gigi dan mulut tinggi pada masyarakat Indonesia, dan tercatat 72,1 persen penduduk mengalami karies atau biasa disebut gigi berlubang, 60-90 persen penduduk Indonesia mempunyai masalah terkait gigi.

Tahun 2013
Prevalensi nasional masalah gigi dan mulut dijumpai sebesar 25,9 persen, sebanyak 14 provinsi mempunyai prevalensi masalah gigi dan mulut diatas angka nasional.

Setiap orang perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dengan benar untuk mencegah terjadinya karies gigi. Pertanyaan tentang perilaku menyikat gigi dalam Riskesdas 2013 bertujuan untuk mengetahui kebiasaan dan waktu menyikat gigi.

Definisi berperilaku benar dalam menyikat gigi adalah kebiasaan menyikat gigi setiap hari sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam.

Sebagian besar penduduk juga menyikat gigi pada saat mandi sore, yaitu sebesar 79,7 persen dengan urutan tertinggi di Bengkulu sebesar 94,2 persen, dan yang terendah di Sulawesi Selatan sebesar 43,2 persen.
Sebagian besar penduduk menyikat gigi setiap hari saat mandi pagi atau mandi sore. Kebiasaan yang keliru hampir merata tinggi di seluruh kelompok umur.

Kebiasaan benar menyikat gigi penduduk Indonesia hanya 2,3 persen,
Provinsi tertinggi untuk perilaku menyikat gigi dengan benar adalah Sulawesi Barat yaitu 8,0 persen.
Sementara jawa barat hanya 1,8 persen

Mengapa hal tersebut dapat terjadi

Hendrik L Blum (1974) faktor yang dapat mempengaruhi status kesehatan individu adalah faktor lingkungan sekitar, faktor perilaku, faktor pelayanan kesehatan dan faktor herediter.

Faktor perilaku dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang. Makin tinggi pendidikan seseorang maka makin sadar pula tentang pentingnya menjaga kesehatan, sehingga pendidikan kesehatan akan berpengaruh pada status kebersihan mulut seseorang.

FKG dan HUMAS UNPAD merespon sebagai upaya bersama guna meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat khususnya di jawa barat .

Naskah: Gilang Yubiliana| Camera Peson: Dadan Triawan | Video Editor: Purnomo Sidik | Presenter : Kaloka

Sumber video :

https://www.youtube.com

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id