website statistics
Home > Ilmiah > Ternyata Amalgam Masih Menimbulkan Pro Kontra Untuk Tambalan Gigi

Ternyata Amalgam Masih Menimbulkan Pro Kontra Untuk Tambalan Gigi

Advertisement
Advertisement

Tambalan amalgam

Tambalan amalgam telah dipakai selama lebih dari 150 tahun. Tambalan amalgam terbuat dari percampuran merkuri cair (43-54%) dan beberapa bubuk logam (46-57%) yang terdiri dari perak, timah, tembaga, seng dan sedikit logam lainnya.

Tambalan amalgam mempunyai berbagai keuntungan, di antaranya:

1. Kuat
2. Tahan lama
3. Tidak terlalu mahal
4. Pengerjaannya relatif mudah

Apakah tambalan amalgam aman?

Selama bertahun-tahun dan setelah dipakai sebagai bahan tambal pada berjuta-juta manusia, efek samping dari amalgam tidak ditemukan kecuali bahwa sebagian kecil (1-3%) orang menderita alergi terhadap tambalan ini.

Namun yang sekarang menjadi perhatian adalah bahwa walaupun tambalan amalgam merupakan hasil akhir percampuran yang stabil, sejumlah sangat kecil uap merkuri dilepaskan dari tambalan amalgam pada saat:

1. Peletakan tambalan di gigi
2. Pemolesan tambalan
3. Pengunyahan makanan
4. Pembongkaran tambalan dari gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah uap merkuri yang dilepaskan ini berjumlah sangat kecil dan jauh di bawah batas aman yang telah ditentukan oleh berbagai organisasi kesehatan di dunia.

Walaupun demikian, kontroversi mengenai tambalan amalgam tetap berlanjut. Berbagai jenis penyakit telah dihubung-hubungkan dengan tambalan amalgam, di antaranya adalah : penyakit Alzheimer, migren, multiple sclerosis, atau autisme dan gangguan neurologik pada anak dari ibu dengan jumlah tambalan amalgam yang banyak.

Namun pada waktu para penderita ini diperiksa, tingkat merkurinya tidaklah lebih tinggi daripada orang normal.

Baca Juga : Ini Lho Kelemahan Menambal Gigi Dengan Amalgam

Rekomendasi tentang penggunaan amalgam

Asosiasi kesehatan di Inggris, Australia dan Selandia Baru menyarankan untuk tidak melakukan tambalan baru ataupun membongkar tambalan amalgam lama pada wanita hamil dan menyusui, serta mempertimbangkan tambalan jenis lain untuk anak-anak.

Beberapa rekomendasi lain dari organsisasi-organisasi ini di antaranya:

1. Apabila sudah ada tambalan amalgam tetapi masih dalam keadaan baik, sebaiknya tidak diganti dengan tambalan lainnya hanya karena rasa cemas berlebihan bahwa akan timbul penyakit.

Membongkar tambalan amalgam yang baik akan mengakibatkan makin berkurangnya struktur gigi yang tersisa.

2. Apabila tambalan amalgam memang perlu dibongkar, perlu dilakukan dengan alat-alat lengkap supaya uap yang dilepaskan dan tambalan yang dibongkar tidak tertelan maupun terhirup.

Alternatif bahan tambal untuk anak

Sebagai alternatif penggunaan amalgam sebagai bahan tambal, sekarang telah tersedia beberapa jenis bahan tambal yang sewarna dengan gigi. Dengan kemajuan teknologi, bahan-bahan ini mempunyai kekuatan yang cukup baik. Beberapa tambalan juga mengandung ion fluor sehingga meningkatkan ketahanan gigi.

Namun demikian ada kerugian dari bahan tambal ini, di antaranya:

1. Belum ada yang kekuatannya menyamai tambalan amalgam (lebih mudah aus dan pecah). Oleh karena itu, mungkin perlu diganti seiring waktu.

2. Harganya lebih mahal.

3. Mengerjakannya lebih lama dan sulit daripada tambalan amalgam, perlu gigi dalam keadaan kering. Ini seringkali sulit tercapai pada anak kecil.

4. Tidak dapat digunakan untuk semua kasus, terutama pada gigi belakang dengan lubang yang cukup besar.

Untuk gigi-gigi belakang dengan lubang besar pada anak-anak tersedia metal crown (stainless steel crown) yang sangat efektif dan bertahan lama. Namun, crown ini berwarna perak, harganya cukup mahal, dan pengerjaannya pun cukup sulit dan memerlukan waktu.

Kesimpulan

Yang penting untuk anak-anak adalah dengan mencegah terjadinya gigi berlubang, sehingga giginya tidak ada yang perlu ditambal. Kalau sampai Anda mencurigai gigi anak berlubang, segera bawa ke dokter gigi dan jangan ditunda sampai lubangnya demikian besar! Dengan demikian, pilihan bahan tambal yang dapat digunakan pun lebih bervariasi.

Baca Juga : Arus Listrik Akan Gantikan Jarum Dokter Gigi

Sumber tulisan :

https://www.facebook.com

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id