website statistics
Home > Kampus > Teliti Sisik Gurami Untuk Lubang Gigi, Diana Dan Adit Juara Di ASEAN

Teliti Sisik Gurami Untuk Lubang Gigi, Diana Dan Adit Juara Di ASEAN

Advertisement
Advertisement

Sisik ikan gurami berhasil membawa dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih juara pertama dalam kompetisi riset mahasiswa kedokteran gigi tingkat ASEAN “Dental Student Research Competition” 2017. Kompetisi yang dihelat di FKG UGM pada 14 Januari lalu ini diikuti 29 tim dari sejumlah perguruan tinggi yang berasal dari berbagai negara anggota ASEAN.

Diana Fitri Muslimah dan Adityakrisna Yoshi Putra Wigianto dalam kompetisi itu mengajukan karya tulis berjudul “The Effect of Nanocalcium Paste form Osphronemus Goramy L. Scale for Remineralizing White Spot Lesion”. Dalam paper tersebut, keduanya mengangkat potensi pemanfaatan sisik ikan gurami untuk digunakan sebagai bahan remineralisasi dalam pencegahan gigi berlubang.

Adit mengatakan sisik ikan gurami dipilih sebagai bahan remineralisasi karena di dalamnya mengandung senyawa kalsium yang cukup tinggi. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya proses perlubangan pada gigi.

BACA JUGA : KEMBANGKAN APLIKASI JADWAL PERAWATAN GIGI, SILVA ELIANA MENUJU HONGKONG

“Sisik ikan gurami ini mengandung kalsium lebih tinggi dibanding dengan sisik ikan lain,” jelasnya, Senin (23/1) di FKG UGM.

Sisik ikan gurami ini mengandung senyawa kalsium sebesar 7,5 persen. Sedangkan ikan lainnya, memiliki kandungan mineral secara keseluruhan sebanyak 2 persen saja.

Adit mengungkapkan selama ini sisik ikan gurami belum banyak dimanfaatkan. Kebanyakan baru digunakan sebagai bahan kerajinan. Sementara itu, belum dimanfaatkan secara optimal di bidang biomedis.

“Kami berupaya memanfaatkan bahan yang mudah didapat dan belum banyak dimanfaatkan di bidang kesehatan,” ujarnya.

Pemanfaatan limbah sisik ikan itu berupa pasta nano kalsium. Proses pembuatan pasta ini dilakukan dengan mengolah sisik ikan gurami kedalam bentuk serbuk berukuran nano untuk memudahkan proses remineralisasi. Selanjutnya, serbuk yang didapat dicampur dengan gliserin hingga berbentuk pasta.

“Hasilnya adalah pasta nano kalsium yang dapat digunakan untuk mencegah gigi berlubang,” tambah Diana.

Khasiat pasta sisik ikan gurami tersebut telah diuji coba pada gigi marmut  Cavia cobaya. Hasilnya, pasta ini mampu mencegah gigi berlubang seperti halnya dengan bahan remineralisasi yang ada di pasaran.

“Dari uji kadar kalsium dan fosfat menunjukkan pasta sisik ikan gurami ini mampu meningkatkan kadar mineral gigi hingga 30 persen,” jelas Diana.

Menurut Diana, pasta nano kalsium berbahan sisik ikan gurami ini berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Terlebih ketersediaan sisik ikan gurami sangat melimpah di Indonesia dan belum dimanfaatkan secara maksimal.

BACA JUGA : DI PUSKESMAS, DOKTER GIGI MELAYANI 15 PASIEN ITU TIDAK WAJAR

Terima kasih

http://ugm.ac.id

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Inovasi Alat Perawatan Gigi Dari Limbah Kulit Udan...
views 15
Scaling atau perawatan pembersihan gigi dari plak, pewarnaan, maupun karang gigi menjadi salah satu perawatan gigi yang sering dilakukan oleh pasien k...
FKG UGM : Begini Caranya Perkenalkan Cuci Tangan Y...
views 150
Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM punya cara yang unik untuk menyambut Dies Natalis mereka yang ke-68. Dalam acara pembukaan, Jumat (8/1), civitas ak...
Savica Gum : Penghilang Plak Gigi dan Bau Mulut Da...
views 67
Kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah. Menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) 2004, prevalen...
Residen Spesialis Gigi Anak UGM Gelar Periksa Gigi...
views 192
Dalam rangka pengabdian masyarakat, sejumlah dokter gigi residen spesialis gigi anak UGM memberikan pelayanan pemeriksaan gigi gratis kepada para anak...
Di Tangan Mahasiswa Ini, Jaring Laba-Laba Bisa Per...
views 204
Siapa sangka jaring laba-laba bisa mempercepat penyembuhan luka cabut gigi? Ya, ditangan empat mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM, jaring laba-lab...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id