web tracker Tanya Jawab Perawatan Gigi Balita - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Tanya Jawab Perawatan Gigi Balita

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Assalamu’alaikum. Anak saya (3,5 th), sejak kecil sudah saya biasakan gosok gigi. Namun, giginya sekarang masih saja berlubang di bagian geraham. Selama ini belum ada keluhan sakit. Apa yang harus saya lakukan? Bagaimana perawatan giginya selanjutnya? Perlukah ditambal?

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang sudah diajukan kepada kami.
Alhamdulillah dari informasi yang Ibu sampaikan Ibu sudah membiasakan anak Ibu untuk menyikat gigi. Tentu ini merupakan hal yang sangat baik karena pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut memang harus dilakukan sejak usia dini.

Mengenai pertanyaan gigi geraham anak Ibu yang berlubang perlu kami sampaikan penyebab gigi berlubang atau karies ada 4 faktor yaitu :

  1. Gigi
  2. Sisa makanan
  3. Bakteri
  4. Waktu

Keempat faktor tersebut menjadi satu kesatuan sehingga terjadilah proses gigi berlubang. Dimana sisa makanan yang menempel pada gigi dirubah oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang merusak struktur gigi sehingga gigi jadi berlubang.

Tetapi apabila kita bisa memutus salah satu rantai keempat faktor tersebut maka proses karies atau gigi berlubang dapat kita cegah.

Misal waktu menyikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Dan untuk anak-anak yang masih belum bisa menyikat gigi dengan baik maka dalam hal ini orang tua bisa membantu memberi contoh cara menyikat gigi yang baik dan benar. Bahkan jika diperlukan orang tua juga bisa membantu menyikat langsung gigi anaknya.

Lalu untuk perawatan gigi berlubang sebaiknya segera ditambal karena lubang yang tidak ditambal akan semakin dalam merusak lapisan gigi sehingga bisa membuat sakit karena sudah merusak struktur jaringan dan saraf gigi.

Demikian yang bisa saya sampaikan atas pertanyaan yang Ibu ajukan semoga bermanfaat dan Ibu serta anak Ibu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

drg. M. Tryanza Maulana, MM

08569929063

Sumber tulisan :

http://rumahsenyum.org

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0