website statistics
Home > Perawatan Gigi > Sudah Tahu Cara Kumur Yang Benar Setelah Sikat Gigi? Kebanyakan Belum Tahu

Sudah Tahu Cara Kumur Yang Benar Setelah Sikat Gigi? Kebanyakan Belum Tahu

Advertisement
Advertisement

Menjaga kebersihan gigi dan mulut amat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab mulut, merupakan ‘gerbang’ masuknya makanan hingga bakteri ke dalam tubuh maka perawatannya pun penting diperhatikan.

Hal paling penting menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah rajin sikat gigi minimal dua kali sehari. Tapi ternyata ada cara-cara tertentu yang dapat memaksimalkan kebersihan gigi ketika Anda menyikatnya.

Tahukah Anda kalau suhu air yang digunakan untuk berkumur setelah menyikat gigi ternyata berpengaruh terhadap kesehatan gigi? Dokter gigi Richard Marques menyarankan untuk berkumur menggunakan air hangat apabila Anda memiliki gigi sensitif.

“Air dingin normal dipakai ketika sikat gigi karena memberi efek segar dan rasa bersih, tapi air hangat bagus jika gigi Anda sensitif,” tutur Richard seperti dikutip dari Mirror.

Dokter gigi yang berbasis di London, Inggris, itu mengatakan air dingin akan membuat gigi sensitif terasa ngilu dan menimbulkan ketidaknyamanan, sehingga aktivitas menyikat gigi bisa kurang maksimal. Tapi pastikan air yang Anda gunakan hangat, bukan air panas karena bisa melukai mulut.

“Air yang sangat panas bisa merusak bulu-bulu sikat, dan risiko mulut terluka,” ucap dokter yang sering menangani klien papan atas ini.

Setelah sikat gigi, biasanya sebagian dari Anda akan melengkapinya dengan berkumur menggunakan mouthwash. Namun kebanyakan produk mouthwash mengandung alkohol yang bisa membuat mulut kering dan berpotensi menambah perkembangan bakteri hingga bau mulut. Alkohol juga dapat memperparah luka di dalam mulut.

Sebagai alternatif, Richard menyarankan untuk menggantinya dengan minyak kelapa. Berkumur dengan minyak kelapa efektif membersihkan plak, racun dan sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi.

Terima kasih

https://wolipop.detik.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook21Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id