website statistics
Home > Ilmiah > Senyum Indah Tanpa Kawat: Ini Caranya!

Senyum Indah Tanpa Kawat: Ini Caranya!

Advertisement
Advertisement

Kalau bayangin gigi berkawat dan foto mulutmu penuh sama logam bikin kamu merinding, maka ini waktunya melirik pilihan lain untuk mempercantik senyumanmu!

Ada beberapa cara jitu lainnya loh untuk merapikan gigi. Teknologi terbaru dan bermacam-macam perawatan ortodonti unik bikin pemakaian braket metal bersama karetnya yang memakan bertahun-tahun lamanya sekarang jadi kuno! Sekarang kita bisa dapatkan hasil yang dramatis tanpa perlu perawatan rumit.

Meski perawatan modern ini biasanya lebih mahal dari kawat gigi biasa, ini adalah harga yang murah untuk menghindari penjara besi untuk senyummu bertahun-tahun lamanya – atau foto sosmed kamu yang penuh kawat. Jadi… say “cheese” buat pilihan-pilihan di bawah ini yang bakal bikin senyumanmu cantik cemerlang!

1.Perawatan Gigi Kosmetik

Alternatif untuk merapikan gigi adalah perawatan gigi kosmetik dengan veneer porselen atau bonding.

Dental veneer
adalah lapisan porselen keras setipis air, yang dibuat serupa dengan gigi sempurnamu!

Veneer digunakan untuk:

-Memperbaiki gigi yang patah, rusak, atau keropos
-Meratakan posisi gigi miring, maju atau mundur
-Memperbaiki bentuk gigi agar terlihat lebih baik, indah, dan rapi
-Menutupi warna gigi yang kuning sehingga gigi jadi tampak putih bersinar
-Menutup celah/renggang antara 2 gigi

Pokoknya, veneer dapat dibuat persis sesuai dengan keinginanmu! Namun, untuk memasang veneer, dokter gigimu perlu mengasah permukaan email gigimu (suatu prosedur yang permanen dan ireversibel) serta perlu diobservasi setiap 5 sampai 10 tahun. Ini alasannya dokter gigi cenderung merekomendasi kawat gigi daripada veneer jika gigimu dalam kondisi baik atau hanya sedikit kerusakan. Keuntungan utama veneer dibandingkan braket adalah perawatan ini bisa diselesaikan dalam beberapa minggu saja.

Membentuk dan Membonding Gigi

Jika hanya sedikit kerusakan, berjejal atau bentuk gigimu yang sedikit kurang baik, maka kamu cuma perlu sedikit pengasahan gigi dan/atau bonding. Pengasahan gigi hanya membentuk kontur gigimu, sedangkan bonding gigi menggunakan bahan filler sewarna gigi untuk membangun gigimu.

Prosedur yang lebih konservatif tentunya adalah bonding gigi, yang digunakan untuk memperbaiki bentuk gigi dan memberi solusi pada gigi renggang. Caranya, bahan resin dipakai untuk menutup ketidaksempurnaan kontur dan mengisi renggang. Bonding akan mengeras sehingga ia stabil pada posisinya dan tahan lama.

Terkadang, pengasahan dan bonding gigi digunakan bersamaan untuk menciptakan senyuman indah, rapi dan seimbang. Meski kamu gak bisa mengharapkan hasil yang dramatis, pengasahan dan bonding sangat cepat dan ekonomis untuk kasus yang tepat. Kamu bisa langsung lihat perbedaannya!

2. Mahkota Jaket

Jika gigimu rusak parah dan posisinya miring, veneer mungkin bukan pilihan tepat. Untuk mendapatkan hasil yang baik, dokter gigi perlu mengikis sejumlah besar email gigi.

Nah, mahkota jaket menjadi solusi yang lebih potensial dibanding veneer. Namun, jika gigimu baik kondisinya, perawatan ortodonti/kawat gigi lebih disarankan.


3. Braket keramik transparan

Prinsipnya sama seperti braket logam, kecuali braket keramik dan kawat secara unik terlihat transparan atau putih. Braket keramik dengan mudah bersatu dengan warna gigimu. Namun, warna braket ini bisa berubah warna jika tidak dibersihkan dengan baik.


4. Kawat Tidak Terlihat

Betul, ini masih tergolong kawat gigi. Namun, jika tampilan rantai-rantai logam yng membuat Anda tidak nyaman, ada cara untuk merahasiakannya! Inilah kawat gigi “tak terlihat” (invisible braces). Kawat gigi lingual disembunyikan di belakang gigi Anda, jadi takkan ada satu orang pun yang bisa melihatnya waktu kamu tersenyum. Kekurangannya, kawat ini lebih sulit dibersihkan dan kurang nyaman dibanding kawat biasa karena posisinya yang mengganjal lidah.

5. Invisalign

Kalau kawat gigi mengganggumu, saat ini tersedia “braket” lepasan. Invisalign adalah trend terbaru! Tipe ini sama dengan mouthguard plastik bening, namun ini bisa digunakan untuk meratakan gigi, sama seperti kawat tradisional. Invisalign dibuat secara khusus sesuai susunan gigimu, dan diganti setiap 2 minggu untuk mengubah posisi gigimu secara bertahap. Alternatif ini memerlukan biaya yang cukup mahal, namun perawatan ini sama sekali tidak mengganggu penampilanmu, dan kamu bisa melepasnya untuk menikmati makanan favoritmu!

Tidak semua kasus gigi berantakan dapat diatasi dengan cara di atas. Setiap kasus adalah spesial, dan begitu juga dengan penangannya. Contoh, invisalign hanya menangani kasus seperti gigi berjejal yang sangat ringan, atau gigi renggang sedikit. Konsultasi dengan ortodontismu, dan bersama-sama tentukan apa solusi yang terbaik untuk senyum indahmu!

Nah, sekarang kamu sudah tau kan solusi apa yang terbaik untuk kamu?
Semoga artikel ini membantu, dan Salam gigi sehat!

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Fakta Sebenarnya Dibalik Opini Bahaya Fluoride dal...
views 1102
image from http://almostexactlyblog.com/ Ketik kata 'apakah itu fluoride' pada mesin pencari di internet, maka akan muncul puluhan situs tentang b...
Yuk Cek Lagi Posisi Operator Terhadap Pasien
views 1604
Yuk buat teman sejawat bisa kembali dicek posisinya saat menjadi operator terhadap pasien. Jangan sampai gangguan-gangguan seperti Low Back Pain menye...
Dok, Apakah Saya Harus Menggunakan Gigi Tiruan???
views 197
image from www.shinysmiledentalclinic.com Ditulis oleh : Mely Amalia Sholiha Seringkali pertanyaan tersebut muncul pada pasien setelah melakukan ...
Apa Saja Yang Wajib Diketahui Dan Wajib Diperhatik...
views 112
Pria itu bersender di bahu sofa sambil membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di sela-sela giginya setelah menyeruput secangkir kopi disebuah ca...
Begini Cara Yoga Untuk Mengatasi Low Back Pain Bag...
views 1516
Salah satu penyakit yang mengintai dokter gigi adalah Low Back Pain. Hal ini terjadi karena posisi dokter gigi yang mengharuskan agak membungkuk ketik...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0