website statistics
Home > Berita > Rutin Menjaga Kesehatan Gigi Ternyata Bisa Cegah Radang Sendi Lho

Rutin Menjaga Kesehatan Gigi Ternyata Bisa Cegah Radang Sendi Lho

Advertisement
Advertisement

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan ada secercah harapan untuk mencegah radang sendi rheumatoid arthritis (RA). Salah satunya, dengan cara menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Melansir Daily Mail, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine menemukan fakta bahwa infeksi gusi dapat memicu penyakit yang melumpuhkan banyak orang di dunia itu.

RA adalah sebuah gangguan auto-imun yang menyerang sendi. Penyakit ini berlangsung lama dan menyebabkan panas, bengkak serta nyeri pada sendi. Nyeri dan kaku makin memburuk seiring waktu.

Serangan yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh bukan hanya tertuju pada jaringan sendi, namun kadang ke organ lain. Tapi yang paling sering terjadi adalah kerusakan sendi dan tulang rawan berupa erosi di kedua tulang.

Selama ini, ada teori dari para ahli yang menyebutkan bahwa kesehatan gigi berkaitan dengan RA. Dan penelitian ini menemukan Aggregatibacter actinomycetemcomitans, yang selama ini menjadi penyebab penyakit gusi, diketahui mampu mengganggu proses citrullination.

MANFAAT MENJAGA KESEHATAN GIGI :

FAKTA : CARA DETEKSI DIABETES MELALUI KESEHATAN GIGI

PERIKSA GIGI 6 BULAN SEKALI BANTU TERNYATA BISA CEGAH PNEUMONIA LHO

HATI-HATI TERNYATA KARANG GIGI BISA SEBABKAN ASMA

SAKIT GIGI TERNYATA BISA MEMICU SERANGAN JANTUNG

RAJIN GOSOK GIGI = INGATAN TETAP TAJAM SAAT TUA, PERCAYA???

SAKIT GIGI BISA JADI PENYEBAB KANKER. WASPADALAH

Citrullination adalah sebuah proses yang mengatur produksi protein untuk sistem kekebalan tubuh secara alami pada manusia. Dalam kasus RA, proses citrullination menjadi berlebihan dan menyebabkan peradangan serta kerusakan jaringan.

Dan dalam pengujian ini, para peneliti dari John Hopkins University menemukan bahwa kondisi gangguan citrullination juga muncul pada pasien dengan penyakit gusi.

Para peneliti mengatakan, lebih dari setengah pasien RA sebelumnya tidak pernah terinfeksi bakteri. Kondisi ini mengindikasikan ada sumber bakteri lain yang mungkin berasal dari sistem pencernaan, pernapasan atau lain-lain, yang bertanggung jawab atas radang sendi tersebut.

“Ini seperti menaruh secara bersama-sama potongan teka-teki rumit yang berusaha dipecahkan bertahun-tahun. Bila kami tahu lebih banyak tentang evolusi hubungan bakteri dan kondisi RA ini, mungkin orang bisa mencegah dibanding sekadar mengobati,” kata profesor Felipe Andrade dari John Hopkins Univesity.

Temuan ini dianggap peneliti memiliki dampak penting terhadap pencegahan dan perawatan penyakit RA. Salah satu cara yang mungkin dalam mencegah terjadinya RA adalah menjaga kesehatan gigi dan gusi.

BACA JUGA : Ternyata No 1 Orang Malas Ke Dokter Gigi Bukan Takut Tapi Hal Ini Penyebabnya

Terima kasih :

http://m.cnnindonesia.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Calo Inisial R : Bayar 400 Juta Ketrima Di Kedokte...
views 640
Tidak hanya menjadi calo bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran Unhas, Rahmatiah juga menawarkan jasa calo bagi mahasiswa yang ingin ...
Mau Digaji 5,4 Milyar? Cukup Buka Praktek Di Kota ...
views 1191
image from http://plus.kapanlagi.com/ Setelah sempat ramai di dunia kedokteran gigi Indonesia karena gaji dokter hanya dibayar Rp 2000 (Era JKN : ...
Begini Tata Cara Perpanjangan STR
views 11133
image from paricabangmadiun.blogspot.com Undang Undang Praktik Kedokteran no.29 thn 2004 mengamanatkan agar setiap dokter atau dokter gigi yang be...
Tren Gigi Kelinci Di Kalangan Artis
views 7151
Jika waktu kecil mungkin kamu pernah diledek karena memiliki bentuk gigi depan yang menyerupai gigi kelinci, nampaknya bentuk gigi tersebut kini sudah...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id