web tracker RSGM UMY Yogyakarta Adakan Pemeriksaan Gigi Gratis Bagi Abdi Dalem Kraton - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

RSGM UMY Yogyakarta Adakan Pemeriksaan Gigi Gratis Bagi Abdi Dalem Kraton

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

umy

Dalam mewujudkan Pengabdian sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan periksa gigi gratis bagi Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat pada Sabtu (30/07) di pendopo Bangsal Magangan, Kraton Ngayogyakarto.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 abdi dalem Kraton yang rata-rata sudah berusia 70 tahun. Para pemeriksa gigi abdi dalem Kraton tersebut merupakan mahasiswa coass di RSGM UMY sebanyak 24 mahasiswa, dengan didampingi oleh 8 orang Dokter.

Pihak Kraton sendiri merespon baik dengan diadakannya pemeriksaan gigi gratis bagi para abdi dalem Kraton. Hal ini disampaikan langsung oleh KPH Yudho Hadiningrat dalam sambutannya. Ia mengungkapkan bahwa gaji abdi dalem kraton yang minim menjadikan para abdi jarang memeriksakan kesehatan gigi mereka ke dokter.

“Total abdi dalem disini semuanya 3000-an, dan rata-rata sudah sepuh (tua-red.). Jadi harap yang sabar dan maklum menangani mereka,” jelas KPH Yudho. Selain itu, KPH Yudho juga menyampaikan beberapa adab dalam tempat pemeriksaan gigi, seperti dilarang menginjak selogilang yang ada di sana.

Disamping itu, mewakili Direktur RSGM UMY, drg. Edwyn Saleh menyampaikan bahwa semua abdi dalem Kraton bisa datang ke RSGM untuk perawatan paripurna. “Yang ditawarkan dari RSGM adalah perawatan paripurna. Dimana abdi dalem dapat datang ke RSGM UMY di Wirobrajan untuk selanjutnya kita (dokter-red.) screening. Lalu nanti kita akan lihat perawatan apa yang harus ditempuh, karena masing-masing orang perawatannya akan berbeda. Ada yang butuh waktu lama, ada yang cepat,” jelas drg. Edwyn.

Pemeriksaan gigi untuk abdi dalem Kraton ini merupakan pemeriksaan awal untuk melihat kondisi gigi para pasien. drg. Arief Waskito selaku salah satu panitia kegiatan mengungkapkan bahwa pada Senin (1/08), para abdi dalem akan mulai dijemput untuk dirawat di RSGM UMY. “Mulai dari pemeriksaan abdi dalem tadi sampai perawatan di RSGM sampai selesai, semua biaya ditanggung oleh RSGM UMY,” tegas drg. Arief.

Sumber tulisan dan gambar :

http://www.umy.ac.id

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0