web site hit counter Review Penyebaran Infeksi Odontogen & Tatalaksana – dental.id

Review Penyebaran Infeksi Odontogen & Tatalaksana

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Judul                     : Penyebaran Infeksi Odontogen & Tatalaksana

Penulis                 : drg. Fredy Mardiyantoro, Sp.BM

Penerbit               : UB Press

ISBN                     : 978-602-432-355-4

Tahun Terbit        : 2017

Tebal                    : 101 Halaman

Reviewer : drg. Punta Adi Bawana

BELI DISINI

Infeksi odontogen merupakan infeksi mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh melalui gigi, baik itu dari pulpa gigi, jaringan periodontal, maupun kombinasi keduanya. Infeksi odontogen juga merupakan kasus utama yang dikeluhkan pasien di ruang praktek dokter gigi. Oleh karena itu, penting seorang dokter gigi memiliki pengetahuan dasar terkait jenis, patogenesis, dan penatalaksanaan infeksi odontogen.

Buku ‘Penyebaran Infeksi Odontogen dan Tatalaksana’ memberikan informasi yang sesuai untuk dokter gigi umum terkait infeksi odontogen. Buku ini menjelaskan bagaimana infeksi odontogen dapat masuk dari tiga jalur, yaitu pulpo-periapikal, jaringan periodontal dan perikoronal, dan setiap jalurnya memiliki penatalaksanaannya masing-masing.

Infeksi odontogen dapat menyebar ke ruang-ruang di antara otot wajah yang disebut spasia fascialis. Dan spasia fascialis dibagi menjadi dua, yaitu spasia primer dan spasia sekunder. Spasia primer adalah spasia yang dapat dijangkau secara klinis, seperti infeksi submandibular atau sublingual, sedangkan spasia sekunder adalah spasia yang sulit dijangkau secara klinis.

Penatalaksanaan abses di region oromaksilofasial dimulai dari pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab dan faktor predisposisi infeksi. Dilanjutkan dengan terapi antibiotic melalui terapi antibiotik secara empiris dan antibiotic hasil tes sensitifitas antibiotik. Kemudian insisi dan drainase abses dimana kita perlu mengetahui indikasi dan kontraindikasi dilakukannya indikasi. Terakhir, dilakukan penghilangan focus infeksi berupa PSA, ekstraksi gigi atau scaling.

Infeksi odontogen juga dapat mengancam nyawa pasien seperti penutupan jalan nafas karena elevasi lidah akibat akumulasi abses, terjadinya sepsis akibat menyebarnya bakteri dari infeksi odontogen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, dan bacterial endokarditis yaitu inflamasi pada permukaan endokardial melibatkan satu atau lebih katup jantung akibat infeksi mikroorganisme. Masing-masing kondisi tersebut memiliki gejala, pathogenesis dan penatalaksanaan yang berbeda-beda. Deteksi dan penatalaksanaan dini oleh dokter gigi umum sangat menentukan kesempatan hidup pasien.

Dari muatan buku ini, direkomendasikan kepada mahasiswa kedokteran gigi dan dokter gigi umum untuk memenuhi pengetahuannya terkait infeksi odontogen.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.