web site hit counter Review Buku Retainer dan Alat Lepasan Ortodontik: Prinsip Desain dan Penggunaan – dental.id

Review Buku Retainer dan Alat Lepasan Ortodontik: Prinsip Desain dan Penggunaan

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

BELI DISINI

Judul

Penulis

Penerbit

ISBN

Tahun Terbit

Tebal

: Retainer dan Alat Lepasan Ortodontik: Prinsip Desain dan Penggunaan

: Friedy Luther dan Zararna Nelson-Moon

: EGC

: 978-979-044-722-6

: 2017

: 226 Halaman

Reviewer : drg. Punta Adi Bawana

Alat ortodontik lepasan adalah salah satu pilihan perawatan dalam merawat maloklusi gigi pada pasien. Prosedur pembuatan, desain, pengaktifan dan mekanisme kerja alat orto lepasan berbeda dengan alat orto cekat. Alat orto lepasan pun juga memiliki keterbatasan disebabkan gaya yang dihasilkan pada gigi berupa gaya tipping. Beberapa hal tersebut membuat dokter gigi harus memiliki ilmu terkait penggunaan alat orto lepasan untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

Buku Retainer dan Alat Lepasan Ortodontik ini menjelaskan secara mendetail terkait alat orto lepasan dari mulai seleksi kasus, desain alat, proses insersi, pengaktifan alat, kontrol dan retainer.

Beberapa hal yang menarik dari buku ini adalah:

Info yang dibutuhkan oleh dokter gigi pada setiap perawatan orto lepasan hampir semua dijelaskan dalam buku ini. Seperti dalam tahap insersi, dijelaskan tentang poin-poin yang harus diperiksa, masalah yang biasa terjadi dan solusinya, penyesuaian klamer dan aktivasi komponen aktif (ex: spring, dan sekrup ekspansi). Dijelaskan secara mendetail sampai ke teknis di klinis seperti wire bending atau pengurangan/penambahan plat.

Pada tahap desain juga dijelaskan tentang komponen yang dibutuhkan dalam alat lepasan untuk merawat setiap kasusnya. Dijelaskan juga bagaimana menggambar desain alat yang benar agar teknisi tidak salah dalam membuat alat.

Buku ini juga menyediakan contoh-contoh kasus yang menarik dilengkapi dengan jawaban yang sistematis dengan dasar teori pada setiap pemilihan perawatan dan juga  gambar desain alatnya. Gambar yang terdapat pada buku ini juga sangat jelas dan berwarna sehingga memudahkan pembaca memahaminya.

Buku ini juga memiliki kekurangan. Pertama, buku ini hanya sesuai untuk dokter gigi dan koas kedokteran gigi yang sudah mempelajari ilmu ortodontik dasar karena banyak istilah ortodontik yang digunakan di sini tapi tanpa penjelasan definisinya. Kedua, beberapa kalimat terjemahan dalam buku ini sulit dipahami tetapi secara keseluruhan terjemahannya cukup baik.

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.