website statistics
Home > Ilmiah > Pengguna Obat Kumur? Ini Yang Harus Kamu Ketahui!

Pengguna Obat Kumur? Ini Yang Harus Kamu Ketahui!

Ads
Advertisement

Dewasa ini, semakin banyak obat kumur dengan berbagai macam brand dan variasi. Hal ini membuat semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulutnya. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui bagi kamu pengguna obat kumur. Apa saja? Yuk simak!

 

Jangan menggantikan sikat gigi dengan obat kumur

Pada beberapa individu sikat gigi sudah diganti dengan penggunaan obat kumur karena termakan iklan obat kumur yang dapat membuat rongga mulut bersih. Faktanya adalah obat kumur hanyalah sebagai pedamping sikat gigi. Biar bagaimanapun, kontrol plak yang paling baik adalah dengan penyikatan gigi bukan dengan penggunaan obat kumur.

 

Menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau nafas

Jika memang keluhan kamu adalah bau nafas, sebenarnya bukan obat kumur solusinya. Solusi satu-satunya adalah menyingkirkan penyebabnya. Misalnya ternyata penyebabnya adalah karang gigi yang menumpuk, penggunaan obat kumur tidak akan efektif untuk menyingkirkan bau nafas. Atau misalnya ternyata penyebabnya adalah terdapat gigi yang sudah busuk, jika gigi tersebut belum disingkirkan adalah percuma jika kamu menggunakan obat kumur terus-menerus.

 

Merusak flora normal

Penyebab utama infeksi memang adalah bakteri, namun bukan berarti semua bakteri harus dibunuh karena ada juga bakteri yang bukan merupakan patogen pada rongga mulut. Pada rongga mulut terdapat juga bakteri yang ekosistemnya harus dijaga yang disebut flora normal. Artinya bakteri dalam jumlah tertentu memang harus ada pada rongga mulut. Penggunaan obat kumur yang berlebihan dapat membunuh bakteri secara berlebihan termasuk juga bakteri yang memang seharusnya tidak harus dibunuh.

 

Kandungan alkohol yang tinggi pada obat kumur

Sebagian besar obat kumur mempunyai kandungan alkohol yang cukup tinggi yang jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Sedangkan di lain sisi kelembapan rongga mulut harus tetap terjaga. Saliva (air ludah) merupakan “tentara” rongga mulut yang dapat menjaga kesehatan rongga mulut yang harus dijaga kadarnya.

 

Risiko kesehatan lainnya

Penggunaan obat kumur yang berlebihan ternyata juga daat meningkatkan tekanan darah. Kompas.com mengutip dari jurnal Free Radical Biology and Medicine dari tim riset Queen Mary University of London yang menyatakan bahwa kandungan kimia dalam antiseptik pencuci mulut, membunuh bakteri baik yang berperan dalam relaksasi pembuluh darah. Akibatnya, rutin menggunakan antiseptik pencuci mulut berisiko meningkatkan tekanan darah. Di lain sisi, peningkatan tekanan darah akan memperbesar risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan lain.

 

Sumber gambar: http://www.studiodentaire.com/en/glossary/mouthwash.php

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Kapan Harus Mulai Memperhatikan Kebersihan Rongga ...
views 79
Orang tua kadang bertanya, kapan saya harus mulai membersihkan gigi si bayi? Normalnya, gigi susu akan mulai erupsi pada usia 6 bulan. Namun, untuk me...
Kenal Lebih Dekat Alat Pembersih Gigi dan Mulut
views 72
Selama ini kalau ditanya membersihkan gigi pakai apa, pasti jawabannya sikat gigi dan pasta gigi. Jawaban ini benar, bahwa yang utama adalah sikat gig...
Waspadai Bahaya Pencuci Mulut Dari Sekarang
views 788
Antiseptik pencuci mulut kerap atau obat kumur menjadi pilihan untuk menyegarkan dan membersihkan rongga mulut sebelum beraktivitas. Namun, sebaiknya ...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0