web tracker Penelitian Ini Menjelaskan Rokok Sebabkan Gigi Berlubang Atau Karies Parah - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Penelitian Ini Menjelaskan Rokok Sebabkan Gigi Berlubang Atau Karies Parah

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook180Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1
Ads
Advertisement

Dalam disertasinya yang dibuat untuk meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia, Wasis Sumartono menemukan fakta adanya peningkat kasus gigi berlubang atau karies parah pada perokok aktif yang sudah merokok dalam jangka panjang.

“Semakin berat intensitas merokok, semakin besar pula risiko terkena karies gigi parah,” papar Wasis Sumartono di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (25/7).

Sejumlah penelitian memiliki teori yang berbeda tentang proses hubungan rokok atau tembakau dengan karies. Pertama, karena asap rokok dapat membuat mulut jadi lebih kering dan merusak fungsi protektif saliva (air liur) dalam melawan karies gigi. Kemampuan saliva dalam menetralisasi keasaman pada orang-orang yang merokok juga lebih rendah, sehingga berdampak pada kerentanan terhadap karies gigi.

“Asap rokok juga dapat meningkatkan bakteri kariogenik sebagai pemicu timbulnya karies,” jelas Spesialis Konservasi Gigi tersebut.

Selain itu, berbagai gula dan pemanis biasanya ditambahkan dalam proses pengolahan tembakau. Gula yang digunakan termasuk glukosa, fruktosa, campuran glukosa dan fruktosa, serta sukrosa. Semua jenis gula tersebut menurutnya dapat berkontribusi meningkatkan prevalensi karies gigi di kalangan perokok.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa perokok memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman ringan yang tinggi kandungan gulanya. “Perokok juga biasanya memiliki kebiasaan menyikat gigi yang tidak efektif dibandingkan bukan perokok. Akibatnya banyak sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dan menjadi makanan bakteri,” papar Wasis.

Terima kasih

http://www.beritasatu.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Terkena Baju Ayah Perokok, Bayi Malang Ini Meningg...
views 706
Jangankan menghirup asap rokok, menghirup residu atau endapan racun dari asap rokok juga berbahaya bagi anak. Seorang mantan perokok aktif mengaku tel...
BPJS Tidak Menanggung Penyakit Karena Rokok
views 603
Meskipun BPJS Kesehatan menyebutkan menanggung semua penyakit, nantinya bakal ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung dalam program JKN (Jaminan K...
Hati-Hati Berkendara Di Belakang Pengendara Peroko...
views 37
Merokok saja sudah berbahaya untuk kesehatan, apalagi bila dilakukan sambil berkendara di atas sepeda motor. Terpaan angin yang kencang dapat meniup b...
14 Masalah Mulut Karena Anda Seorang Perokok
views 233
Merokok sudah merupakan hal yang biasa kita jumpai dimana-mana di dunia. Kebiasaan ini sudah begitu luas dilakukan baik dalam lingkungan berpendidikan...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook180Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1