Pencabutan Gigi Bungsu Dengan Operasi Odontektomi Oleh Dokter Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Gigi geraham atau biasa disebut dengan istilah gigi bungsu ialah gigi yang tumbuh terakhir kali dengan tingkat pertumbuhan yang sangat bervariasi pada masing-masing orang, bisa di rentang usia 16 hingga 25 tahun.

Normalnya, gigi bungsu berjumlah 4 buah pada masing-masing rahang, yakni rahang atas (maksila) dan rahang bawah (mandibula).

Akan tetapi, perlu diketahui jika tidak semua orang mempunyai gigi bungsu dan bahkan memiliki jumlah yang kurang dari 4 gigi. Karena tumbuh terakhir kali, maka sering kali tidak terdapat ruang sisi pada gusi sehingga membuat gigi bungsu tumbuh secara tidak sempurna.

BACA : Perlukah Gigi Geraham Bungsu Dicabut?

Kekurangan ruang pada gusi akan membuat gigi hanya tumbuh sebagian dan miring ke arah gigi yang ada di dekatnya, dan bahkan ada kasus yang gigi bungsunya tidak tumbuh sama sekali akibat terbenam di dalam tulang.

Pada kondisi inilah peran dokter gigi untuk mengatasi impaksi gigi sangat dibutuhkan.

Gigi yang tumbuh dengan posisi demikian berpotensi menjadi sarang penyakit akibat sulitnya membersihkan dari sisa-sisa makanan yang kelamaan akan menimbulkan beberapa keluhan seperti gigi berlubang, nyeri dan bengkak hingga infeksi jaringan lunak di sekitar gigi, bahkan tidak mustahil jika gigi bungsu impaksi yang terbenam di dalam tulang akan mengakibatkan kista atau bahkan tumor.

BACA : “Dok, Anak Saya Tumbuh Gigi Yang Depan Atas…Tapi Diatas Gusi…”

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya dokter gigi spesialis bedah mulut akan melakukan tindakan pencabutan gigi bungsu yang dikenal dengan istilah odontektomi.

Odontektomi ialah operasi kecil guna mengangkat gigi bungsu impaksi.

Sebelum bedah mulut ini dilakukan, pertama kali para ahli bedah akan memeriksa bentuk dan posisi gigi yang terbenam dalam tulang rahang.

BACA : (Tidak) Cabut Gigi Mata Jadi Buta?

Pasca pencabutan gigi bungsu, biasanya pasien akan mengeluhkan beberapa hal, seperti timbulnya pembengkakan dan pembukaan mulut yang jadi sedikit terbatas.

Namun, keluhan ini hanya berlangsung sementara waktu dan tidak akan terlalu mengganggu. Untuk tindakan operasi bedah mulut odontektomi pada setiap rumah sakit atau klinik biasanya bisa dilakukan dengan kisaran harga 1 hingga 2 juta dan bisa berbeda-beda untuk setiap daerah tempat tinggal Anda.

BACA : Orofacial Pain : Cara Cabut Gigi Tanpa Sakit

Terima kasih

https://indonesiaartikel.com

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.