invisible hit counter Oalah, Ternyata Uang Yang Menjadi Alasan Orang Tidak Mau Periksa Gigi - dental.id

Oalah, Ternyata Uang Yang Menjadi Alasan Orang Tidak Mau Periksa Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1
Ads
Advertisement

Banyak orang malas berkunjung ke dokter gigi. Takut, jadi alasan yang banyak diungkapkan. Tapi, sebuah studi yang dipublikasikan Health Affairs menyatakan hal berbeda.

Alasan sebenarnya orang malas ke dokter gigi adalah karena tagihan yang membengkak.

Mengutip Fox News, Health Affairs menyebut, harga pemeriksaan gigi yang terbilang lebih mahal dibanding pemeriksaan kesehatan lain, menjadikan orang malas datang.

Dari hasil survei, alasan biaya ditemukan tiga kali lipat lebih banyak dibanding alasan takut.

Hasil studi itu menyebutkan 13 persen orang dewasa berpenghasilan menengah menghindari dokter gigi karena tidak ingin membayar mahal.

Sementara, sebanyak 25 persen orang dewasa dengan penghasilan rendah terpaksa memprioritaskan pemeriksaan kesehatan yang lain, yang sesuai dengan pendapatan mereka.

Uniknya, masalah biaya ini juga disebutkan oleh mereka yang berpenghasilan tinggi dan punya asuransi kesehatan pribadi.

“Untuk gigi, asuransi biasanya hanya menanggung biaya pemeriksaan dasar, tapi tidak biaya tambahan. Sementara, biaya tambahan itu sangat mahal,” ujar penulis studi Marko Vujicic.

“Semua hal lain di luar pemeriksaan dasar, seperti veneer, tambalan dan restorasi, ekstraksi gigi, pemasangan gigi palsu dan perawatan ortodontik, semua tidak ditanggung asuransi.”

Data tahun 2015 menyebut, warga Amerika Serikat membayar biaya perawatan gigi dari kantong sendiri sebesar 40 persen. Sementara, biaya kesehatan umum yang harus dibayar pribadi hanya 11 persen.

“Hal ini menunjukkan bahwa asuransi kesehatan belum memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan warga,” papar Vujicic.

Dia menambahkan, studi yang ia lakukan bisa menjadi dasar perubahan sistem pembayaran asuransi kesehatan gigi, yang selama ini mengacu pada sistem ‘pembayaran per perawatan’.

 

Terima kasih :

http://www.cnnindonesia.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Berita
views 23
Dapatkan berita terbaru kedokteran gigi di SINI
Dokter Ini Gagal Cabut Gigi Pasien, Malah Disuruh ...
views 1566
Pasien Puskesmas Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak merasa tidak dihargai oleh dokter gigi yang bertugas. Sebab, pasien sempat disuruh mencari dokter d...
7 FKG Universitas Negeri Terbaik Di Indonesia
views 34928
Kedokteran gigi adalah ilmu mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan...
Apakah Bahaya Fluoride Itu Fakta Atau Hoax?
views 2022
Fluoride, adalah satu kata yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi teman-teman dentist, apalagi zat ini terdapat dalam pasta gigi (odol) yang pastin...
Nama Dan Alamat Kampus FKG Di Indonesia
views 21488
Update 26 Juli 2017Berikut ini daftar nama dan alamat FKG seluruh Indonesia1. FKG Universitas AirlanggaAlamat : Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moes...
Mahasiswa FKG Juara Di 8th Dentistry Scientific Me...
views 185
Mahasiswa Kedokteran Gigi UNSOED kembali torehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Adrian Permadi, Nasriana Stephanie Manurung dan Yunia Amina ...
3 Mahasiswa FKG UNEJ Juara Kompetisi Oral Session ...
views 354
Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG Unej), Provinsi Jawa Timur, Amalia Rahmaniar Indrati berhasil menjuarai penelitian kategori...
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1

admin

Admin website http://dental.id