web tracker Nucalm : Alat Yang Menenangkan Pasien Gigi Yang Gugup Dan Cemas - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Nucalm : Alat Yang Menenangkan Pasien Gigi Yang Gugup Dan Cemas

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

NucalmKini ahli syaraf Amerika Serikat telah mengembangkan suatu alat yang diberi nama Nucalm yang dapat membantu menenangkan pasien gigi yang gugup dan cemas. Alat ini menggunakan apa yang disebut Cranial Electrotherapy Stimulation (CES) yang akan membuat pasien gigi berada di tingkat deep relaxation, seperti ketika tidur atau melakukan meditasi.

Pada awalnya, pasien akan terlebih dahulu dipakaikan kacamata gelap dan diberikan tablet gamma-aminobutyric acid (GABA), yaitu suatu suplemen yang dapat membantu merelaksasi pasien. Lalu, melalui suatu headset dialirkanlah arus listrik lembut dan frekuensi suara ke otak, dimana gelombang otak akan diubah untuk mencapai tingkat deep relaxation dan otak pun diperintahkan untuk membuka reseptornya terhadap GABA yang telah diberikan sebelumnya.
Dari penelitian klinis yang telah dilakukan, dinyatakan bahwa CES efektif dalam mengatasi berbagai kelainan stress, seperti insomnia, axietas kronis, dan post-traumatic stress. Dikatakan bahwa CES ini akan merangsang untuk dilepaskannya zat kimia otak yang disebut serotonin dan dopamine, yang berhubungan dengan relaksasi.

Dari websitenya, Nucalm mengklaim bahwa dari survei terhadap pasien-pasien yang telah menggunakan alat ini, 95% dari mereka akan kembali menggunakan Nucalm, dan 98% akan merekomendasikan penggunaan alat ini kepada keluarga dan teman.

Sebelumnya, dokter gigi telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan rasa takut dan cemas dari pasien-pasiennya. Mulai dari pendekatan secara psikologis, teknik perawatan yang painless, mengkondisikan ruang tunggu dan perawatan yang cukup nyaman, sampai dengan dental hipnosis. Alat ini tampaknya bisa menjadi alternatif lain yang cukup menjanjikan untuk mengatasi rasa takut dan cemas dari pasien-pasien gigi. Tidak hanya mudah untuk digunakan, alat ini dapat dikatakan tidak memerlukan keterampilan khusus seperti pendekatan psikologis ataupun dental hipnosis, dimana tidak semua dokter gigi memiliki kemampuan ini.

POSTING TERKAIT NUCALM

DR DANIEL HARIYONO SP.ORT : KURANGI ALERGI ASMA DENGAN PIJAT GIGI

DOKTER GIGI NO 1 PEKERJAAN PALING BERBAHAYA. FAKTA ATAU HOAX?

INOVASI TERBARU : SIKAT GIGI HANYA 6 DETIK

BERHATI-HATILAH BAGI DOKTER JIKA PRAKTIK LEBIH DARI 8 JAM

WASPADA : RIBUAN ORANG KEMUNGKINAN TERTULAR HIV DARI KLINIK GIGI

Sumber: http://www.infogigi.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0