website statistics
Home > Berita > Minta Bayaran 11 Juta, Dokter Gigi Gadungan Malah Sebabkan Infeksi Gigi Pasien

Minta Bayaran 11 Juta, Dokter Gigi Gadungan Malah Sebabkan Infeksi Gigi Pasien

Advertisement
Advertisement

Penangkapan Puriwati (50), tersangka dokter gigi gadungan oleh aparat Polsek Katingan Hilir, mengagetkan masyarakat Kasongan, khususnya yang sempat menjadi pasien. Dalam praktiknya, Puriwati ternyata juga menetapkan tarif cukup besar.

KA (53), salah seorang pasien dokter gigi gadungan itu menceritakan bagaimana dirinya sampai rela merogoh kocek cukup dalam untuk sekadar membuat gigi palsu dengan Puriwati.

Kepada Kalteng Pos, warga Jalan Eboni Kasongan Lama itu menuturkan, sebelumnya dia memang tidak berniat ingin memasang gigi palsu ke tempat dokter gigi gadungan itu. Namun pada waktu itu, istrinya memaksa bahwa informasi teman istrinya itu dokter tersebut merupakan dokter gigi yang bagus dari Jakarta.

BACA JUGA : BERMODAL YOUTUBE, NURUL BUKA PRAKTIK DOKTER GIGI DI MALAYSIA

Karena terus dipaksa oleh istrinya akhirnya diapun langsung bersedia. Ketika bertemu, gigi KA langsung diperiksa. Setelah diperiksa lalu sang dokter gadungan ini meminta supaya sisa-sisa gigi atasnya yang rusak harus dicabut dulu.

“Saya bilang gak berani. Karena gigi saya inikan di atas dan sangat rentan sekali mengenai syaraf jika salah. Tapi dia dibilang tidak apa-apa. Malah ditawarkan silakan datang lagi dua hari lagi. Sebab pengakuannya dia bolak balik ke Kasongan,” ceritanya, Rabu (12/10).

Lalu setelah itu terang KA, dia berencana memasang banyak banyak gigi palsu. Namun karena biaya yang diminta pada saat itu oleh dokter gadungan itu, sebesar Rp 11 juta. Sehingga akhirnya gigi palsu yang ingin dipasang dikurang lagi menjadi 5 gigi. Sampai terjadi kesepakatan harga totalnya menjadi Rp 5,5 juta di luar biaya cabut gigi sebesar Rp 500 ribu.

Kemudian setelah terjadi kesepakatan itulah lalu gigi KA ini disuntiknya sebanyak empat ampul.  “Nah pas gigi terakhir pada geraham yang di dalam itulah sangat sakit sekali. Kata dokternya itu karena infeksi. Lalu dia minta cepat-cepat untuk dicabut, karena takut reaksi obatnya hilang. Saya bilang tidak sanggup, karena sakit sekali. Akhirnya hari kedua batal lagi untuk dicabut, lalu saya diminta untuk membeli obat amoxicilin dan asampenamat. Nah dari situ saya agak curiga, kok disuruh saya beli obat di luar dulu. Lalu dibikin lah cetakan gigi dan diminta uang muka Rp 3 juta. Waktu itu saya bayar,” terangnya.

BACA JUGA : KETUA PDGI : HANYA 2 INI KEWENANGAN DARI TUKANG GIGI

Berikutnya di hari terakhir inilah, dokter gadungan itu dihubungi kembali oleh KA karena merasa giginya sakit pascamau dicabut sebelumnya.

Lalu sang dokter ketika itu mengaku baru datang dari Pangkalan Bun. Setelah bertemu, sekitar pukul 15.00 wib lalu di Losmen Citra Katingan, gigi KA langsung diperiksa kembali.

“Tapi ketika diperiksa justru tambah sakit dan dikasihlah albotil. Lalu saya bilang tidak usah dicabut. Nah ketika itulah tidak berapa lama datang aparat Kepolisian dengan baik-baik menanyakan identitas dan izin praktik yang bersangkutan, hingga akhirnya ditangkap. Saya baru yakin setelah dia tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai seorang dokter,” tandasnya.

Informasi yang berkembang, korban dokter gadungan ini tidak hanya KA dan empat orang lainnya saja. Namun untuk di Kasongan sudah cukup banyak. Bahkan ada seorang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan, juga menggunakan jasa dokter gadungan ini untuk pemasangan kawat giginya.

PROF SOEDIBYO : PASANG GIGI PALSU DI TUKANG GIGI SEPERTI PASANG RANJAU DI MULUT

image from http://ugm.ac.id
image from http://ugm.ac.id

Terima kasih :

http://m.kalteng.prokal.co

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Prof Soedibyo : Pasang Gigi Palsu Di Tukang Gigi S...
views 9292
image from http://ugm.ac.id Tenaga yang tidak mengetahui segala pengetahuan ilmiah mengenai kesehatan jaringan rongga mulut dapat fatal ji...
Marketing Tukang Gigi VS Edukasi Dokter Gigi
views 760
Ditulis dan dipublikasikan : Rifqie al haris http://www.kompasiana.com Barangkali tukang foto itu beda dengan fotografer. Dan sudah pasti ...
Cabut Di Dokter Gigi, Bikin Gigi Palsu Di Tukang G...
views 918
Ditulis dan dipublikasikan : drg. Widya Apsari Sp.PM https://www.facebook.com Ini adalah masalah yang tidak akan (belum) ada habisnya menjadi...
Ketua PDGI : Hanya 2 Ini Kewenangan Dari Tukang Gi...
views 1651
Keberadaan tukang gigi kini telah diakui oleh pemerintah untuk bekerja. Namun tentu saja tugas tukang gigi berbeda jauh dengan dokter gigi. Tukang gig...
Aturan-Aturan Terkait Tukang Gigi
views 991
Tulisan ini dibuat oleh http://www.hukumonline.com/ ============================================================================== Eksistensi tu...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id