web tracker Mengapa Bau Mulut Saat Bangun Tidur? - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Mengapa Bau Mulut Saat Bangun Tidur?

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

bau mulut saat bangun tidur

Ditulis oleh : Mira Ariyani

Penyebab bau mulut yang terbesar adalah berasal dari mulut kita sendiri, dan penyebab utamanya adalah bakteri..

Ludah mengandung gas sulfur yang mudah pecah (volatile compunds sulfur), waktu tidur jumlah ludah berkurang seiring dengan tidak ada nya aktivitas, dan dengan berkurangnya jumlah ludah maka perkembangan bakteri meningkat (kerusakan gigi terjadi justru pada saat tidur), bakteri tidak hanya makan sisa makanan, bakteri juga makan dari ludah karena ludah mengandung protein, protein yang dimakan bakteri dari ludah akan membuat ludah pecah/terurai sehingga keluarlah bau gas-gas sulfur tadi (VCS), maka terjadilah yang dinamakan bau mulut..

Bau mulut tidak hanya terjadi pada waktu tidur, bau mulut juga terjadi apabila dalam keadaan beraktivitas pun jumlah ludah tetap berkurang..

Ataupun pemakaian bahan-bahan untuk membersihkan gigi dan mulut yang dipakai sehari-hari juga dapat menyebabkan jumlah ludah berkurang/mulut kering..

Tips untuk mengatasi bau mulut, menyikat gigi dan flosing sebelum tidur, cukup minum air putih dan menjaga kualitas ludah tetap baik meskipun jumlahnya sedikit, karena ludah yang berkualitas baik memiliki daya anti bakteri, sehingga tidak hanya mampu melawan bakteri penyebab karies namun juga dapat menghindarkan kita dari bau mulut..

Jangan mencoba menutupi masalah dengan masalah misalnya seperti memilih bahan-bahan yang berbau mint yang kuat yang didapat dari bahan pembersih gigi dan mulut ataupun permen, sebaiknya atasi masalah dengan mengerti akar permasalahannya..

Selamat mencoba dan selamat tinggal bau mulut..

Sumber tulisan :

https://www.facebook.com/miraariyani.drg

Sumber gambar :

https://www.dreamstime.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0