website statistics
Home > Ilmiah > Mempertahankan Gigi Asli Selama Mungkin di Dalam Mulut dengan Perawatan Saluran Akar

Mempertahankan Gigi Asli Selama Mungkin di Dalam Mulut dengan Perawatan Saluran Akar

Advertisement
Advertisement

https://lifetimedentalcaretricities.com/why-is-a-root-canal-better-than-an-extraction-2/

Gigi yang berlubang sudah seharusnya ditambal. Namun, seringkali beberapa dokter gigi menyarankan untuk melakukan perawatan saluran akar (atau yang biasa disebut perawatan endodontik) karena kuman yang terdapat di lubang gigi tersebut sudah mengenai saraf gigi dan tidak dapat dilakukan penambalan biasa. Jika hal ini sudah terjadi, ada dua alternatif yang diberikan kepada pasien. Pertama, jika mahkota dari gigi tersebut masih cukup besar tersisa, maka dokter gigi akan menyarankan pasien untuk melakukan perawatan saluran akar. Kedua, jika mahkota dari gigi tersebut sudah tinggal sedikit atau bahkan hanya tersisa akar dari gigi tersebut, maka dokter gigi akan menyarankan pasien untuk mencabut giginya dan digantikan dengan gigi tiruan. Perawatan saluran akar merupakan tindakan invasif minimal dimana gigi asli sebisa mungkin dipertahankan di dalam mulut.

Berbeda dengan penambalan biasa yang hanya membutuhkan kunjungan sebanyak satu kali, perawatan saluran akar lebih kompleks dan membutuhkan kunjungan lebih dari satu kali. Tahapan pekerjaan yang dilakukan meliputi pembersihan kotoran pada lubang gigi, penemuan ruang saraf gigi, pengambilan saraf gigi/pulpa gigi dari saluran akar, pembersihan saluran akar, pemberian obat, dan pengisian saluran akar. Setelah melakukan perawatan saluran akar, gigi tersebut akan diperbaiki/direstorasi menggunakan mahkota tiruan atau ditambal sedemikian rupa sehingga menyerupai gigi aslinya.

https://en.wikipedia.org/wiki/Endodontic_therapy

Gigi yang sudah dilakukan perawatan saluran akar tidak lagi mendapat suplai nutrisi dari tubuh karena pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah sudah dihilangkan. Sebagai gantinya, gutta percha digunakan sebagai bahan untuk mengisi saluran akar sebagai ganti dari pulpa gigi. Pasien tidak perlu khawatir mengenai bahan pengisi saluran ini karena bahan ini terbuat dari lateks yang aman dan dapat diterima oleh tubuh.

http://www.dentalindia.com/cemr.html#.WYcqvFKB1sM

Keuntungan melakukan perawatan saluran akar adalah pasien lebih nyaman menggunakan gigi asli dan pasien tidak perlu mengalami kehilangan gigi. Selain itu, dunia kesehatan gigi dan mulut saat ini lebih mengupayakan untuk mempertahankan sebanyak mungkin gigi asli di dalam tubuh. Gigi asli juga berguna untuk mempertahankan kepadatan dan bentuk dari tulang rahang. Hal ini tentu saja berbeda bila gigi tersebut dicabut. Gusi pada gigi yang dicabut akan mengalami resorbsi. Pencabutan gigi juga akan menyebabkan perpendekan dari lengkung rahang yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang. Pada kasus gigi yang mengalami pembengkakan gusi atau gigi dengan kelainan pada ujung akar gigi, perawatan saluran akar juga dapat digunakan sebagai pilihan untuk menghilangkan bengkak dan kelainan tersebut. Hal ini tentu saja merupakan keuntungan jika dibandingkan dengan mencabut gigi.

Kerugian dari perawatan saluran akar adalah biaya yang dibutuhkan cenderung lebih mahal dibandingkan penambalan biasa atau pencabutan gigi. Selain itu, tidak semua dokter gigi mau melakukan perawatan saluran akar karena perawatan ini merupakan perawatan yang kompleks dan membutuhkan ketelitian lebih banyak dibandingkan penambalan atau pencabutan gigi biasa.

 

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Kapan Gigi Sebaiknya Ditambal?
views 200
Gigi mempunyai fungsi yang penting dalam kehidupan, fungsi estetis dan menggigit makanan untuk gigi bagian depan dan fungsi mengunyah dan memperhalus ...
Endodontic Treatment Atau Perawatan Saluran Akar
views 474
Profil Penulis drg. Rio Suryantoro, SpKG Mayapada Hospital Lebak Bulus riosuryantoro@gmail.com detail profil Ya, kali ini saya ingin menulis be...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0