website statistics
Home > Ilmiah > Mau Daftar Kepolisian? Ini Waktu Perawatan Gigi Yang Diperlukan

Mau Daftar Kepolisian? Ini Waktu Perawatan Gigi Yang Diperlukan

Ads
Advertisement

Sering kedatangan seseorang yang ingin daftar kepolisian atau daftar kerja yang mempunyai syarat kondisi gigi harus baik?

Dan mereka ingin giginya baik dalam semalam?

Suruh baca ini dulu…

========================

Salah satu tahapan seleksi untuk penerimaan pegawai, baik di sektor pemerintahan maupun swasta, adalah pemeriksaan kesehatan. Termasuk di dalamnya pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena orang yang sehat lebih diinginkan oleh perusahaan. Pegawai yang sehat akan dapat bekerja dengan lebih produktif sehingga tidak membebani perusahaan. Maka dari itu tes kesehatan menjadi sangat penting untuk dilewati dengan sempurna.

Kondisi yang ideal bagi pelamar kerja adalah gigi berada dalam keadaan rapi sempurna atau utuh termasuk jaringannya, gigi tidak goyang atau tanggal, gigi tidak berlubang, terdapat plak dan karies atau karang gigi, warna gigi putih kekuningan, gigi geligi rapi tidak berjejal atau tumpang tindih, gigi depan tidak tonggos atau terlalu maju serta gusi berwarna merah muda, melekat erat pada tulang, tidak sakit, dan tidak mudah berdarah. Sedangkan kondisi yang tidak diinginkan adalah satu atau banyak gigi sudah dicabut atau hilang karena bolong.

Untuk mencapai kondisi yang ideal ini, para pelamar kerja harus merawat giginya ke dokter gigi dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika masalah giginya cukup banyak. Berikut ini adalah perkiraan lama waktu perawatan untuk masing-masing tindakan kedokteran gigi.

  1. Penambalan gigi

Penambalan gigi dilakukan pada gigi yang berlubang tetapi belum mengenai saraf gigi. Tindakan ini membutuhkan waktu satu kali kunjungan (15-30 menit) untuk diselesaikan.

  1. Perawatan saluran akar (PSA)

PSA diberikan pada gigi yang berlubang besar hingga mencapai pulpa dan mengiritasi saraf gigi. Tindakan ini membutuhkan waktu 2-5 kali kunjungan (2-40 menit) dengan jarak antar kunjungan 3-7 hari, tergantung keparahan infeksi pada gigi. Setelahnya gigi pasien akan ditambal atau diberikan mahkota.

  1. Pencabutan gigi

Gigi yang hanya tinggal akarnya atau sudah tidak mungkin lagi dirawat harus dicabut. Tindakan ini membutuhkan waktu satu kali kunjungan (30-60 menit) untuk diselesaikan. Jika terdapat lebih dari satu gigi yang harus dicabut, pencabutan biasanya dilakukan pada satu sisi rahang terlebih dahulu. Jaringan gusi akan menutup dalam waktu 2 minggu hingga satu bulan setelah pencabutan.

  1. Pembuatan gigi palsu

Kehilangan gigi akibat lepas sendiri atau setelah pencabutan harus diganti dengan gigi palsu. Pembuatannya dilakukan setelah gusi menutup pasca pencabutan gigi. Tindakan ini membutuhkan waktu 3-4 kali kunjungan (30-60 menit) untuk diselesaikan. Lama perawatan juga bergantung pada pembuatan alat dari lab.

  1. Scaling

Jika terdapat karang gigi, dokter gigi akan melakukan prosedur scaling pada pasien. Tindakan ini membutuhkan waktu satu kali kunjungan (30-60 menit) untuk diselesaikan. Pasien mungkin perlu menunggu waktu satu bulan untuk penyembuhan gusi.

  1. Bleaching gigi

Gigi yang terwarnai oleh makanan, minuman, atau obat-obatan dapat dibuat lebih cerah dengan perawatan bleaching. Tindakan ini membutuhkan waktu satu kali kunjungan (45-60 menit) untuk diselesaikan.

  1. Perawatan ortodonti

Untuk kasus gigi yang berjejal atau susunannya tidak beraturan dapat diperbaiki dengan penggunaan behel. Tindakan ini membutuhkan waktu beberapa kali kunjungan dalam jangka waktu 24-36 bulan untuk diselesaikan.

Data diatas dapat digunakan untuk merencanakan perawatan gigi dan mulut yang diperlukan sebelum melamar kerja. Jika Anda masih ragu mengenai perawatan apa saja yang Anda perlukan, segera konsultasi ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Mau Daftar Polisi? Ini Syarat Kesehatan Gigi Yang ...
views 2263
Syarat gigi masuk Polisi menjadi salah satu point penting dalam penilaian prasyarat kesehatan jasmani dan rohani. Polisi merupakan pekerjaan berat yan...
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn5Pin on Pinterest0