web tracker Manfaat Rekam Video Selfie untuk Kesehatan Gigi - dental.id
Download! Download Panduan Praktik Klinik Bagi Dokter Gigi Dari PB PDGI

Manfaat Rekam Video Selfie untuk Kesehatan Gigi

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ads
Advertisement

Tren selfie, baik lewat foto maupun video, ternyata tidak selalu berdampak negatif. Salah satu studi terbaru justru mendapati hasil bahwa seseorang yang membuat video selfie, sembari menggosok gigi misalnya, baik untuk kesehatan gigi.

Dikutip dari Indiatimes, sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan di Indian Journal of Dental Research menyimpulkan bahwa mereka yang membuat video selfie sembari menggosok gigi akan mendapati manfaat lebih banyak.

BACA JUGA : Hayo Mana Dulu? Sikat Gigi Dulu Atau Makan Dulu

Utamanya, aksi ini membantu pemahaman terhadap kesehatan gigi, dan cara menggosok gigi yang benar hingga delapan persen.

Selfie lewat video dan foto makin banyak digunakan, tak terkecuali juga di bidang kesehatan,” ujar Lance T. Vernon, peneliti di Case Western Reserve University School of Dental Medicine.

“Kami bisa gunakan untuk melihat perkembangan penyakit, dan efektivitas perawatan yang dijalani,” ia menambahkan. “Inilah era baru dalam pengumpulan data yang kami sebut mobile health atau mHealth,”

Aksi video selfie bisa disebut kebiasaan positif lantaran membuat penggunanya menjadi lebih sadar akan aktivitas yang dilakukan, termasuk saat menggosok gigi. Secara tidak langsung, aktivitas ini memaksa mereka untuk berubah menjadi lebih baik.

BACA JUGA : Ternyata No 1 Orang Malas Ke Dokter Gigi Bukan Takut Tapi Hal Ini Penyebabnya

Sebelum studi ini dilakukan, setiap partisipan menggosok gigi berdasarkan kebiasaan yang mereka lakukan, dan dikoreksi hingga semuanya melakukan dengan teknik yang tepat.

Selama studi berlangsung, para partisipan diberi nilai berdasarkan waktu yang dihabiskan serta keahlian menggosok gigi yang benar.

Selangkah lebih maju, para peneliti juga melakukan penilaian lewat aplikasi monitoring berbasis video, yang dapat merekam aksi pasien saat menggosok gigi di rumah, dan nantinya dinilai oleh profesional di bidang kesehatan gigi.

“Studi yang kami lakukan menyimpulkan bahwa, di masa yang akan datang, aksi video selfie ini dapat membantu dokter dalam menghemat waktu untuk mencari tahu cara menggosok gigi pasien, dan kemudian dapat memberikan penilaian,” ujar Vernon.

BACA JUGA : WAJIB DIPERHATIKAN. BAWA ISTRIMU KE DOKTER GIGI SEBELUM MERENCANAKAN KEHAMILAN

Terima kasih

http://www.cnnindonesia.com

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0