website statistics
Home > Berita > Mahasiswa FKG Juara Di 8th Dentistry Scientific Meeting

Mahasiswa FKG Juara Di 8th Dentistry Scientific Meeting

Advertisement
Advertisement

Mahasiswa Kedokteran Gigi UNSOED kembali torehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Adrian Permadi, Nasriana Stephanie Manurung dan Yunia Amina Faurur yang menyabet gelar juara pertama dalam kategori  Research Competition di ajang 8thDentistry Scientific Meeting (DSM).

Dalam acara yang digelar oleh FKG UI ini, ketiga mahasiswa KG UNSOED berhasil memukau para juri melalui karya risetnya yang berjudul “Perbandingan Kekuatan Geser Perlekatan Resin Komposit Nanofil-RMGIC pada Restorasi Sandwich Menggunakan Adhesif Total-Etch dan Self-Etch”.

Capaian mahasiswa KG di ajang tahunan ini merupakan prestasi tersendiri, karena pada tahun sebelumnya hanya menduduki runner up. “Kegiatan tahunan DSM FKG UI adalah barometer karya tulis ilmiah mahasiswa FKG di Indonesia, tahun ini sudah ke 8 kali terlaksana”, kata drg. Ali Taqwim. “Hanya lima tim yang berhak masuk final di tiap kategori yang merupakan tim unggulan dari hasil seleksi peserta yang berasal dari FKG di seluruh Indonesia”, sambungnya.

image from http://www.unsoed.ac.id/
image from http://www.unsoed.ac.id/

Di event ini, proses penjurian dimulai dari pengiriman abstrak, fullpaper dan poster ilmiah. Pada akhirnya terpilih 5 finalis yaitu dari 1 finalis FKG Syiah Kuala-Aceh, 1 finalis FKG Universitas Airlangga-Surabaya, 2 finalis FKG Universitas Jember dan 1 finalis dari Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman.

“Pada awalnya, kami hanya mencoba mengirimkan abstrak, shock banget ketika masuk 10 besar semifinalis dan akhirnya lolos menjadi 5 besar finalis”, kata Nasriana. Mereka pun harus berpacu dengan jadwal kuliah dan skill lab yang padat. “Waktu itu pengumuman finalis diundur dan panitia mewajibkan membuat poster ilmiah yang akan dipajang. Pada saat yang sama jadwal blok juga padat, pokoknya hectic banget”, sambung Yunia. Perjuangan panjang itu pun mendatangkan hasil yang terbaik.

Menurut mereka, keberhasilan mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman di kancah nasional ini ditunjang dengan keberadaan unit kegiatan mahasiswa CANINE (Club Penalaran Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa) sebagai wadah pertemuan ilmiah rutin dan sharing pengalaman, sekaligus persiapan materi yang akan dikompetisikan.

Nama Kedokteran Gigi Unsoed sudah tidak asing lagi di ajang kompetisi karya tulis di tingkat nasional. Hal ini terkait dengan seringnya mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed unjuk gigi dan menjuarai berbagai kompetisi di ajang sejenis. Walaupun usia institusi yang terbilang muda, tetapi banyak prestasi yang diraih para mahasiswanya. Target ke depan, Kedokteran Gigi Unsoed harus dapat berbicara di tingkat internasional.

Sumber foto dan tulisan :

http://www.unsoed.ac.id/

Berikan Komentar Disini
Advertisement
Advertisement
Share ke Teman Sejawat....Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
admin
Admin website http://dental.id