Khusus Wanita : Hati-Hati Jika Sering Sakit Gusi Lebih Rentan Kena Kanker Payudara

Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Wanita sebelum menopause yang sering mengalami penyakit gusi dapat mengembangkan risiko kanker payudara. Apa kaitannya ya?

Para peneliti telah membandingkan kaitannya penyakit gusi dengan kanker payudara. Penyakit ini tergolong inflamasi kronik yang sebetulnya dapat dicegah. BACA JUGA : Periksa Gigi 6 Bulan Sekali Bantu Ternyata Bisa Cegah Pneumonia Lho

“Salah satu penjelasan yang mungkin untuk hubungan antara penyakit periodontal dan kanker payudara adalah bahwa bakteri yang masuk ke sirkulasi tubuh dapat memengaruhi jaringan payudara,” kata Jo Freudenheim, Profesor di University at Buffalo di New York, dilansir Zeenews.

Sebelumnya, penyakit periodontal selalu dikaitkan erat dengan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. BACA JUGA : Sakit Gigi Ternyata Bisa Memicu Serangan Jantung. Juga penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penyakit ini juga dapat mengakibatkan kanker mulut, esofagus, kepala dan leher, pankreas, dan kanker paru-paru.

Para peneliti memantau 73.737 wanita pasca-menopause yang terdaftar dalam Perempuan Health Initiative Observasional Study. Dilaporkan sebesar 26,1 persen wanita dengan penyakit periodontal mengalami kanker payudara.

Setelah rata-rata waktu tindak lanjut dari 6,7 tahun, 2.124 wanita didiagnosis dengan kanker payudara.

Para peneliti menemukan bahwa di antara semua wanita, risiko kanker payudara 14 persen lebih tinggi pada wanita yang memiliki penyakit periodontal. Maka Anda harus mewaspadainya lebih dini agar tak memicu banyak risiko penyakit mematikan dini.

Terima kasih

http://lifestyle.okezone.com

Berikan Komentar Disini
Share ke Teman Sejawat....
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

admin

Admin website http://dental.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.